Share

Ketua IPW Dilarang Masuk Gedung Parlemen, MKD Panggil Sekjen DPR

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676623 ketua-ipw-dilarang-masuk-gedung-parlemen-mkd-panggil-sekjen-dpr-u3KnrUfaFL.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI memanggil Sekjen DPR RI Indra Iskandar. Indra akan dimintai keterangan buntut Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dihalang-halangi petugas Pamdal saat hendak masuk Kompleks Parlemen via gerbang depan.

"Ya hari ini MKD DPR akan mengundang Sekjen DPR Indra Iskandar setelah kemarin enggak ketemu jadwalnya," kata Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Habiburokhman merasa binggung dengan tidak hadirnya Indra pada panggilan pertama kemarin, Selasa 27 September 2022. Ia pun membandingkan dengan sikap Menkopolhukam Mahfud MD yang langsung hadir saat dipanggil MKD DPR RI.

"Ini Pak Sekjen mungkin lebih sibuk dari Menkopolhukam, lebih sibuk dari pada pimpinan DPR. Sehingga agak susah juga mencocokkan jadwal ngikuti kesenggangan Pak Sekjen," tutur Habiburokhman.

Dalam panggilan itu, kata Habiburokhman, MKD DPR RI akan meminta keterangan Indra terkait teknis masuk ke Gedung DPR RI. Pasalnya, ia juga sempat menerima aduan terkait susahnya masuk Komoleks Parlemen.

"Saya sering ada tamu membatalkan datang ke sini dari Jaktim dapil saya karena, ‘Pak susah pak pemeriksaan di pos Pamdal’. Makanya kemarin juga saya puncak gunung esnya waktu kasusnya Pak Sugeng. Kita minta dievaluasi ya. Tetapi kami MKD DPR sudah meminta maaf," kata Habiburokhman.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Pak Sekjen tuh kita enggak dengar beliau minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Bahkan saya mendengar katanya beliau menolak meminta maaf. Ini gimana sih sense of crisis-nya kita sebagai pelayan masyarakat. Mau lepas benar atau salah secara aturan tapi ya prinsip ada orang sudah kecewa, merasa tidak nyaman, orang yang mau membantu kerja DPR," tandasnya.

Sebagai informasi, Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso membatalkan kehadirannya dalam sidang Mahkamah Kehormatan Dewan ( MKD) DPR di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Senin (26/9) pukul 11.00 WIB.

Hal itu lantaran Ketua IPW merasa mendapatkan perlakuan tidak hormat dari petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR di Gerbang Depan Kompleks Parlemen, dengan alasan pintu tersebut dikhususkan untuk anggota Dewan.

"IPW membatalkan kehadiran ke MKD DPR RI karena adanya diskriminasi perlakuan dan sikap tidak hormat pimpinan DPR pada warga negara yang akan memasuki gedung DPR melalui pintu depan. Pasalnya, pintu masuk depan hanya diperuntukkan kepada anggota Dewan saja," kata Sugeng dalam keterangannya kepada wartawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini