Share

Survei: Ketokohan Mumpuni, Prabowo Bisa Persatukan Kubu-Kubu Politik

Tim Okezone, Okezone · Rabu 28 September 2022 11:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676516 survei-ketokohan-mumpuni-prabowo-bisa-persatukan-kubu-kubu-politik-LD0uAFBCSS.jpeg Jokowi dan Prabowo. (Foto: Dok Ist)

JAKARTA - Partai politik memiliki peran penting dalam proses pembentukan pemerintahan. Sistem Presidensial yang multipartai cenderung menghasilkan koalisi pemerintahan yang rapuh. Untuk itu, diperlukan ketokohan yang mumpuni agar koalisi pemerintahan kelak berjalan solid demi mewujudkan cita-cita negara.

Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus mengatakan, ketokohan Ketua Umum atau elite parpol menjadi kunci. Syahrial kemudian menyampaikan bahwa dari sembilan Ketua Umum Parpol, ketokohan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada paling puncak.

Merujuk hasil survei Litbang Sin Po yang dilakukan dalam rentang waktu 25 Juli – 2 Agustus 2022, Ketokohan Prabowo sebesar 71,8%.

"Survei ini mencari tahu tentang kesan apa yang muncul dalam benak responden yang dalam pertanyaan terbuka disebutkan nama-nama partai politik," sebut Syahrial kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

"Pertanyaannya, kesan apa yang muncul di benak bapak/ibu/saudara/I, saat disebut nama Gerindra, itu yang muncul Prabowo 71,8%, Kepala Garuda 5,4%, Berjiwa Nasionalis 3,7% dan seterusnya," ujar Syahrial.

Selanjutnya, pertanyaan yang sama kepada partai-partai lain. Saat disebut PDIP, muncul nama Megawati 40,4%, Kepala Banteng 18,4%, Jokowi 14,6%. Saat mendengar kata Golkar, muncul Pohon Beringin 35,6%, Soeharto 15,1%, Warna Kuning 8,2%.

Baca juga:  Bravo! Media Asing Sebut Persatuan Prabowo dan Jokowi Buat Politik dan Ekonomi RI Stabil

Nasdem: Surya Paloh 46,1%, Warna Biru 10,0%, Partai Biru 9,5%. PKS; Partai Islam 71,1%, Ahmad Syaikhu 3,8%, Partai Baru 3,0%. PPP; Partai Islam 50,6%, Lambang Ka’bah 32,8%, Partai Baru 3,4%. PAN; Amin Rais 39,6%, Partai Islam 16,4%, Partai Muhammadiyah 6,9%. Demokrat; Susilo Bambang Yudhoyono 71,6%, AHY 6,9%, Partai Korupsi 2,1%

Berikut urutan ketokohan masing-masing Ketua Umum/Elite Parpol:

Prabowo Subianto ​​71,8%

Susilo Bambang Yudhoyono​71,6%

Surya Paloh​​​ 46,1%

Megawati ​​​40,4%

Amien Rais​​​ 39,6%

Soeharto​​​ 15,1%

Ahmad Syaikhu ​​3,8%

Yang unik, menurut Syahrial, nama Jokowi masih belum menempel ketat di PDIP. Malah yang muncul sebagai tokoh utama di PDIP masih Megawati. “Ini artinya, hitam putihnya PDIP bukan di tangan Jokowi,” jelas Syahrial.

“Lebih uniknya, walaupun Amien Rais sudah tak lagi di PAN, namun nama Amien Rais masih sangat kuat menempel di PAN,” kata Syahrial.

Hampir sama dengan PAN, Golkar yang muncul justru Pak Harto.

“Artinya, sejak Golkar ada, belum ada tokoh yang muncul mampu menandingi ketokohan Pak Harto,” sebut Syahrial.

“Eksistensi pemimpin politik dianggap penting, karena keberadaannya sangat dibutuhkan di setiap aktivitas politik,” ujar dia.

Ketokohan Prabowo saat ini yang mumpuni dan melampaui Ketokohan Ketum Parpol lainnya ini, menurut Syahrial, dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mempersatukan kubu-kubu politik.

Follow Berita Okezone di Google News

“Ini pertanda baik untuk membentuk koalisi permanen. Jika koalisi Gerindra mampu menghantarkan Prabowo sebagai presiden, maka variabel ketokohan ini akan sangat berpengaruh kepada efektivitas kinerja pemerintahannya kelak. Tentu ini juga akan membuat anggota koalisi merasa nyaman.”

Metodologi Survei

-Waktu Pengumpulan data : 25 Juli – 02 Agustus 2022.

- Metode sampling : multistage random sampling

-Jumlah responden sebesar 1.200 responden dengan Confidence Interval/margin of error sebesar ± 2,83%. Confidence Level/ tingkat kepercayaan sebesar 95,0%.

-Usia responden yang dijadikan sampel adalah 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

-Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini