Share

Jokowi Kecewa Pemberantasan Korupsi Gembos di MA, Ini Respons KY

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 28 September 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 337 2676443 jokowi-kecewa-pemberantasan-korupsi-gembos-di-ma-ini-respons-ky-CHPexwIrzm.jpg Ilustrasi (Foto: MPI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut kecewa dengan usaha pemberantasan korupsi yang sudah baik, namun kerap gembos di tingkat Mahkamah Agung (MA).

Kekecewaan Presiden Jokowi itu dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyusul penangkapan Hakim Agung Sudrajad Dimyati. Komisi Yudisial (KY) pun merespons pernyataan Mahfud MD tersebut.

“KY sangat memahami dan memiliki concern serupa dengan Presiden karena hal ini menyangkut kepercayaan publik terhadap lembaga serta proses hukum dan peradilan,” kata Juru Bicara KY, Miko Ginting dalam keterangan yang diterima, Rabu (28/9/2022).

Miko mengatakan bahwa dengan adanya kasus ini, KY memandang ini momentum untuk memperkuat KY sebagai lembaga pengawasan. “Dari waktu ke waktu, sebagaimana diketahui, kewenangan KY semakin dipersempit, terutama dalam tugas pengawasan maupun rekrutmen,” katanya.

Baca juga: Soal Rencana Pemeriksaan Etik Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Ini Kata KY

“Logika paling mendasar adalah jika terdapat kelemahan dalam pengawasan, maka perlu dipastikan lembaga dan mekanisme pengawasannya cukup kuat atau paling tidak setara dengan yang diawasi,” ungkap Miko.

Miko pun mengatakan concern Presiden Jokowi tentu beralasan, tetapi akan terbentur dengan pembagian dan pemisahan kekuasaan.

Baca juga: KY dan KPK Bakal Tukar Data Soal Indikasi Korupsi di Lingkaran Hakim

“Ini menjadi momentum untuk kembali mengoptimalkan KY dalam semua tugas dan fungsinya untuk menjaga kemandirian hakim,” paparnya.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini