Share

Gembira Elektabilitas Partai Perindo Tembus 5,1 Persen, HT: Terus Meningkat Lagi Sampai Double Digit

Fatmawati, Okezone · Selasa 27 September 2022 23:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2676279 gembira-elektabilitas-partai-perindo-tembus-5-1-persen-ht-terus-meningkat-lagi-sampai-double-digit-62nwCZMd2k.jpg Ilustrasi/ Doc: Perindo

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT) menyambut gembira elektabilitas partai yang dipimpinnya tembus 5,1 persen.

Ini sebagaimana hasil survei dirilis Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Senin (26/9/2022) kemarin.

 BACA JUGA:Soal Capres, Erick Thohir: Percuma Disurvei Tapi Tidak Ada Parpolnya

"Tadi disebutkan dan merupakan kabar gembira bagi kita semua, bahwa Partai Perindo hari ini atau kemarin diumumkan memperoleh elektabilitas 5,1 persen," kata HT saat memberikan sambutan dalam launching Akademi Perindo di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Dengan hasil survei itu, HT pun menyatakan Partai Perindo harus mensyukuri. Akan tetapi, ia berpesan bahwa elektabilitas itu adalah survei partai dan tidak menjamin perolehan suara, karena perolehan suara juga akan tergantung dari calon legislatif (caleg) yang nanti akan maju.

 BACA JUGA:Hary Tanoe Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Pepabri

"Jadi artinya apa? Ini pesan yang penting sekali. Kita bersyukur iya, harus dan harapan ini masih cerah ke depan. Mudah-mudahan makin terus meningkat lagi sampai double digit itu harapan kita sebelum pemilu," ungkap HT.

Ia kembali mengingat tantangan yang lainnya adalah bagaimana mampu memperoleh calon-calon legislatif yang memiliki basis massa yang baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten-kota.

HT menjelaskan dari pengalaman pemilu sebelumnya, 60 persen lebih suara itu adalah suara komulatif dari semua caleg di setiap dapil dan sisanya baru suara partai.

"Jadi kita boleh berbangga, kita boleh bahagia, kita boleh optimis. (Tetapi) kita tidak boleh terlena," pesan HT.

Sebelumnya, survei CSIS menempatkan elektabilitas Partai Perindo mampu mengungguli sejumlah partai politik parlemen.

Di mana, pandangan responden yang mayoritas datang dari pemilih pemula dan kalangan milenial, menunjukkan tren positif terhadap Partai Perindo mencapai 5,1 persen.

"Berdasarkan survei terhadap pemilih muda dengan rentang usia 17-39 tahun, Partai Perindo memperoleh 5,1 persen yang melampaui perolehan PPP dan PAN (1,8 persen), serta PSI yang hanya 0,8 persen," tutur Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menjelaskan elektabilitas partai politik dalam tayangan kanal Youtube CSIS, kemarin.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Perolehan elektabilitas Partai Perindo tercatat sejajar dengan Partai Nasdem, yang memperoleh tingkat elektabilitas yaitu 5,1 persen.

Selain Partai Perindo dan ketiga partai di atas, Arya menuturkan tingkat elektabilitas masih didominasi oleh Partai PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar dan Demokrat.

Adapun tingkat elektabilitas masih dipuncaki Partai PDI Perjuangan dengan angka 21,6 persen.

Kemudian disusul Gerindra dengan perolehan 18,0 persen dan Golkar beserta Demokrat dengan perolehan yang sama yaitu 11,3 persen.

Dalam survei ini, CSIS menggunakan metode multistage random sampling yang menggunakan data populasi penduduk Indonesia, rentang usia pemilih muda 17-39 tahun, dengan merujuk sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Sementara, jumlah sample sebesar 1.200 responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi.

Setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sample.

"Menggunakan 1.192 sample dan margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,84 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen," ujar Arya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini