Share

5 Fakta Pembongkaran Lokalisasi di Cilincing, Bakal Dijadikan Tempat Pemakaman Umum?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 28 September 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2676230 5-fakta-pembongkaran-lokalisasi-di-cilincing-bakal-dijadikan-tempat-pemakaman-umum-DLog7RnQfY.jpg Satpol PP bongkar lokalisasi di Cilincing (Foto : Istimewa)

PETUGAS gabungan melakukan penertiban di Kawasan Hutan Kota Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara, ditertibkan lantaran di sana dimanfaatkan sebagai lokalosasi, pada Senin 26 September 2022, malam, oleh petugas gabungan.

Berikut sejumlah fakta terkait pembongkaran lokalisasi:

1. Lokalisasi Sepi

Saat penertiban berlangsung petugas tidak menemukan kegiatan prostitusi yang dilakukan oleh PSK karena kondisi tempat tersebut sudah sepi.

Tidak ada PSK atau muncikari di lokasi saat penertiban berlangsung.

2. Dijadikan TPU

Kawasan prostitusi di Rawa Malang, Cilincing, ditertibkan petugas gabungan. Untuk langkah jangka panjang, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Budi Dharma diusulkan untuk diperluas hingga kawasan lokalisasi Rawa Malang.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat yang dilakukan oleh Wali Kota Jakarta Utara, dipimpin oleh Asisten Pemerintahan sedang disusun upaya yang lebih komprehensif dalam penanganan tempat yang kerap dijadikan lokalisasi tersebut.

3. Menyatu dengan Permukiman Warga

Yusuf Madjid mengatakan hampir semua rumah atau lapak yang diduga jadi tempat prostitusi dalam kondisi gelap karena ditinggal oleh penghuninya.

Beberapa rumah yang terlihat ada penghuninya berupa warung kelontong namun tidak ada aktivitas prostitusi di rumah-rumah tersebut.

Keberadaan prostitusi ini, berdampak buruk bagi masyarakat sekitar. Oleh karenanya, pihak Satpol PP Jakut melakukan penertiban.

4. Petugas Terus Lakukan Sterilisasi

Kepala Satpol PP Jakarta Utara, Yusuf Madjid mengatakan pihaknya akan terus menertibkan area lokalisasi Rawa Malang hingga segala aktivitas berhenti sepenuhnya.

"Aparatur kami ada di Satpol PP kecamatan, kelurahan akan beroperasi terus dan bertahap. Kami akan melakukan operasi malam di tahap pertama," ujar Yusuf, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dalam operasi pada malam tersebut pihak Satpol PP tidak menemukan satupun pelaku prostitusi. Namun, Yusuf menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan patroli keliling untuk mencegah kegiatan prostitusi kembali marak.

5. 30 PSK Dipulangkan ke Kampung Halaman

Sebanyak 30 pekerja seks komersial (PSK) yang biasa mangkal di kawasan Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara, bakal dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Hal itu menyusul akan ditertibkannya kawasan tersebut dari prostitusi mulai malam ini.

Kapolsek Cilincing Kompol Haris Akhmad mengatakan, saat ini ada 10 warung yang menjadi tempat prostitusi di lokasi. Dari warung remang-remang tersebut terdapat puluhan PSK.

Para PSK ini akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing usai penutup lokasi prostitusi di Rawa Malang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini