Share

Survei LSJ: Perindo Diprediksi Jadi Satu-Satunya Partai Baru yang Lolos Parlemen

Inin Nastain, Koran Sindo · Selasa 27 September 2022 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2676219 survei-lsj-perindo-diprediksi-jadi-satu-satunya-partai-baru-yang-lolos-parlemen-nT0qs7tzva.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Elektabilitas PDI Perjuangan tetap kokoh di puncak. Di sisi lain, Partai Perindo diprediksi menjadi satu-satunya partai non-parlemen yang berpeluang masuk senayan pada Pemilu 2024 mendatang.

Data tersebut berdasarkan survei dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang dilakukan pada 10 sampai 20 September 2022, di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam survei itu, Partai Gerindra berada di posisi dua, yang diikuti oleh Partai Golkar dan Demokrat yang bersaing ketat.

Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto memprediksi, PDI Perjuangan akan menciptakan hattrick sebagai pemenang Pemilu Legislatif. “Saat ini dengan elektabilitas 22,8 persen PDI Perjuangan tampaknya akan menciptakan hattrick kemenangan pada Pemilu 2024 nanti. Partai Gerindra dengan elektabilitas 16,9% berada di posisi kedua dan terus membuntuti elektabilitas PDI Perjuangan,” kata Fetra dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Selasa (27/9/2022)

Di bawah Gerindra, jelas dia, dua partai besar lainnya yakni Partai Golkar dan Demokrat masih terus bersaing ketat. “Sementara Partai Golkar dan Partai Demokrat kelihatannya akan bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga dan keempat,” jelas dia.

Mengenai kehadiran partai-partai baru seperti Partai Ummat, Partai Gelora dan partai-partai lainnya, jelas dia, hingga saat ini belum ada satu partai pun yang berhasil memperoleh elektabilitas melebihi satu persen. “Ini sinyal bahwa peluang partai-partai baru untuk menembus Senayan kelihatannya sangat tipis,” ungkap Fetra.

Elektabilitas yang bagus terus diperlihatkan Partai Perindo. Bahkan, Partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo itu diprediksi jadi satu-satunya partai non parlemen yang bisa lolos ke senayan pada Pemilu mendatang.

“Adapun untuk partai lama non-parlemen, jika mengacu pada perkembangan elektabilitas sampai saat ini kelihatannya hanya Partai Perindo yang berpeluang besar tembus 4% dan lolos ke Parlemen,’ beber dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara, dalam survei itu, total sampel sebanyak 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,81% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini