Share

Gundah Gulana! Ini Kisah Soekarno Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama ke Fatmawati

Dhea Alvionita, Okezone · Rabu 28 September 2022 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2676168 gundah-gulana-ini-kisah-soekarno-jatuh-cinta-pada-pandangan-pertama-ke-fatmawati-9clW073vFZ.jpg Soekarno/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Setelah pertemuan keluarga Hasan Din dan Soekarno di Bengkulu, hubungan keluarga terjalin erat. Soekarno pun semakin dekat dengan Fatmawati yang saat itu usianya masih terbilang sangat muda.

 (Baca juga: Kisah Ketegangan NU dengan Soekarno Usai G30S hingga Karnaval Banser Diserang Massa PKI)

Mengutip dari buku Soekarno Fatmawati, Soekarno dan Hasan Din diketahui sama-sama memiliki misi untuk memajukan dan mengubah kehidupan bangsa Indonesia yang tertindas.

Dalam buku juga diceritakan bahwa Fatmawati dapat melanjutkan sekolahnya di RK Vakschool karena bantuan dari Soekarno. Meskipun Fatmawati harus menyelesaikan sekolah di HIS Muhammadiyah Palembang terlebih dahulu.

Lantaran keluarga Hasan Din pindah ke Palembang, Fatmawati tetap tinggal di Bengkulu dan diizinkan Inggit dan Soekarno untuk tinggal bersama mereka. Namun, karena Soekarno dan Fatmawati sering menghabiskan waktu mereka untuk bertukar cerita, tanpa disadari keduanya telah jatuh cinta.

Mengetahui hal tersebut, Hasan Din memberitahu kepada Soekarno bahwa Fatmawati akan dipinang oleh seorang pemuda anak wedana. Tak ingin dipinang laki-laki lain, Fatmawati segera menemui Soekarno untuk meminta pendapat tentang pinangan tersebut.

Soekarno kemudian menanggapi pertanyaan Fatmawati dan dia mengatakan bahwa dirinya telah jatuh cinta sejak pandangan pertama Fatmawati. Tetapi Soekarno mengaku tak berani mengungkapkan perasaan cintanya sejak awal karena Fatmawati masih terlalu muda.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Mendengar hal itu, Fatmawati gelisah karena memikirkan perasaan Inggit. Dia tidak ingin mengkhianati Inggit yang sangat mencintai Soekarno. Kegundahannya itu kemudian disampaikan kepada Hasan Din. Namun Fatmawati sendiri tetap gundah karena ia tak mau dijadikan istri kedua oleh Soekarno.

Tidak lama setelah mengetahui perceraian Soekarno dan Inggit, maka Soekarno memantapkan hatinya untuk menikahi Fatmawati. Soekarno memberi kabar dan mengatur jalan menuju pernikahannya dengan Fatmawati melalui teman-temannya. Akhirnya, pada Juli tahun 1942, Soekarno resmi menikahi Fatmawati, gadis cantik dari Bengkulu yang baru berusia 20 tahun setelah bercerai dengan Inggit Garnasih.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini