Share

5 Negara Tertua di Dunia, Nomor 3 Berada di Asia Tenggara

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2675800 5-negara-tertua-di-dunia-nomor-3-berada-di-asia-tenggara-GrPtfMZDM8.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beberapa negara di dunia sudah hadir bahkan mulai ribuan tahun Sebelum Masehi. Beberapa negara tersebut dinilai sebagai tempat munculnya peradaban di dunia. Negara tertua di dunia didominasi oleh negara-negara yang berada di wilayah Asia. Berikut daftar negara tertua di dunia menurut worldatlas.com.

1. Iran

Iran merupakan negara tertua di dunia dan sudah berdiri sejak tahun 3200 SM. Secara resmi, Iran dikenal sebagai Republik Islam Iran. Beberapa peradaban yang paling awal ada di Iran yakni zaman Elam dan Jiroft. Elam merupakan yang paling menonjol karena merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III. Iran terletak di kawasan Asia Barat Daya dengan luas wilayah 1,648 juta kilometer persegi.

Baca juga: Berdiri Sebelum Masehi, Ini 10 Negara Tertua di Dunia yang Mengawali Peradaban Manusia

2. Mesir

Negara yang terkenal dengan piramida ini resmi dikenal sebagai Republik Arab Mesir dan telah dihuni sejak zaman kuno. Mesir tercatat menjadi negara tertua kedua di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 3100 SM. Dinasti pertama yang tercatat pada awal berdirinya Mesir diduduki oleh Raja Menes atau Raja Narmer. Sebagian sejarawan setuju bahwa Mesir adalah tempat lahirnya peradaban karena perkembangan awal dalam hal-hal seperti penulisan dan pemerintahan. Selama bertahun-tahun, Mesir telah dibangun oleh peradaban seperti Romawi, Yunani, dan Nubia.

Baca juga: Daftar 5 Negara Tertua di Dunia, Iran hingga Korea Utara

3. Vietnam

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, yakni Vietnam, sudah ada sejak tahun 2879 SM. Vietnam secara resmi dikenal sebagai Republik Sosialis Vietnam. Menurut penelitian, pemerintahan Vietnam pertama kali dipegang oleh Dinasti Hong Bang. Karena dianggap sudah sangat tua, beberapa sejarawan menganggap keberadaan Dinasti Hong Bang ini hanya sebuah mitos. Kini Vietnam terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Armenia

Armenia sudah berdiri sejak 2492 SM. Data arkeologi menunjukkan bahwa Armenia telah dihuni sejak Zaman Perunggu sekitar 4000 SM. Peradaban yang dikenal lebih tua juga membantu membentuk negara, termasuk Het dan Mitanni. Negara Armenia sendiri merupakan negara kecil yang terletak di wilayah Kaukasus Selatan, Eurasia.

5. Korea Utara

Salah satu negara pecahan ini menjadi negara tertua kelima di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 2333 SM. Republik Demokratik Korea memiliki sejarah yang panjang sejak sekitar abad ke-7 bersamaan dengan pemimpin raja pertama. Korea Utara kini terkenal sebagai negara yang memiliki peraturan ketat bagi warganya. Bahkan beberapa aktivitas seperti menonton tv atau pesta dibatasi oleh pemerintah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini