Share

Breaking News! Hakim Agung Sudrajad Dimyati dan ASN Tersangka Korupsi Diberhentikan

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 27 September 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 337 2675775 breaking-news-hakim-agung-sudrajad-dimyati-dan-asn-tersangka-korupsi-diberhentikan-b6XFXxc3mO.jpg Sudrajad Dimyati/ Antara

JAKARTA - Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD) beserta sejumlah ASN yang ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah diberhentikan sementara oleh Mahkamah Agung (MA).

 (Baca juga: Geledah Gedung Mahkamah Agung, KPK Sita Bukti Penting Kasus Suap Hakim Sudrajad Dimyati)

"Memberhentikan sementara terhadap para tersangka yang diduga teribat dalam tindak pidana yang saat ini sedang ditangani KPK, sampai adanya proses hukum yang berkepastian," ujar Juru Bicara Mahkamah Agung (MA), Andi Samsan Nganro, ketika dikonfirmasi, Selasa (27/9/2022)

Menurutnya, hal itu untuk mencegah kasus gratifikasi dan korupsi yang dilakukan Hakim Agung Sudrajad Dimyati kembali terjadi pihaknya juga menerapkan mekanisme rotasi.

"Melakukan rotasi dan mutasi bagi aparatur peradilan yang bertugas di MA, seperti para hakim yustisial/panitera pengganti, ASN dan staf non ASN," ucap Andi Samsan.

Mahkamah Agung kata Andi Samsan juga melakukan pemeriksaan terhadap atasan langsung dari para tersangka yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan (Bawas) MA.

"Kami juga akan meningkatkan kinerja Satgas Khusus Pengawasan di lingkungan unit kerja MA," tutup Andi Samsan Nganro.

Pihak MA disebutkan Andi Samsan melakukan pembenahan secara komprehensif dan langsung mengambil langkah- langkah konkret pasca ditetapkannya hakim agung SD sebagai tersangka dan ditahan besama dengan pegawai ASN, asisten/panitera pengganti dan staf Hakim Agung.

Ia menyebutkan pimpinan MA dan para Hakim Agung serta hakim ad hoc pada MA bertempat di ruang sidang istimewa di Lantai 14 Gedung MA mengucapkan ikrar penguatan Fakta Integitas sebagai upaya untuk meningkatkan komitmen integritas yang tinggi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, KPK telah mengumumkan 10 tersangka kasus suap 'jual beli' pengurusan kasasi gugatan aktivitas Koperasi Simpan Pinjam Intidana di Mahkamah Agung (MA) pada Jumat (23/9/2022) dini hari.

Salah satu dari 10 tersangka tersebut adalah Hakim Agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati (SD). Sudrajad Dimyati diduga menerima jatah Rp 800 juta dari kasus tersebut.

Hakim Agung Sudrajad Dimyati diduga menerima jatah Rp 800 juta dari suap terkait pengurusan kasasi gugatan aktivitas Koperasi Simpan Pinjam Intidana di Mahkamah Agung (MA).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam konferensi pers pada Jumat (23/9/2022) dini hari menyebutkan telah mengamankan uang 205.000 Dolar Singapura dalam operasi tangkap tangan (OTT) kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Nama Hakim Agung Sudrajad Dimyati ikut terseret bersama sejumlah panitera pengganti, pegawai negeri sipil (PNS) di MA, hingga pengacara, dan dua orang dari pihak swasta.

“Jumlah uang yang berhasil diamankan sebesar 205.000 dollar Singapura dan Rp 50 juta,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri, Jumat (23/9/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini