Share

Simak, Bagaimana Cara Mengatasi Supaya Tidak Terjadi Perang?

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 26 September 2022 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 337 2674858 simak-bagaimana-cara-mengatasi-supaya-tidak-terjadi-perang-eRPQSRoUTW.jpg Ilustrasi Perang (Foto:AFP)

JAKARTA- Simak, bagaimana cara mengatasi supaya tidak terjadi perang menarik diulas. Sudah waktunya untuk mengubah aturan sehingga mereka yang berperang, khususnya perang ilegal bisa dilindungi.

Sudah waktunya untuk mengakhiri standar ganda, dan mengganti kekuatan yang benar dengan supremasi hukum berlaku. Serta, sudah waktunya untuk menuntut para pemimpin kita menemukan cara damai untuk menyelesaikan konflik.

Perang

Simak, bagaimana cara mengatasi supaya tidak terjadi perang dikutip dari Wagingpeace:

1.Memberikan Dukungan Penuh pada Pembentukan Pengadilan Kriminal Internasional

Hal ini dilakukan agar pemimpin nasional dapat diadili untuk semua kejahatan perang yang mengerikan pada akhir permusuhan apa pun. Semua pemimpin yang melakukan kejahatan mengerikan harus dimintai pertanggungjawaban di bawah hukum internasional seperti yang mereka lakukan di Nuremberg, dan mereka harus menyadari hal ini sejak awal.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Memakzulkan Pemimpin Terpilih yang Mempromosikan atau Mendukung Perang Preventif Ilegal

Ini merupakan tanggung jawab warga negara dalam demokrasi untuk melakukan kontrol atas pemimpin mereka yang mengancam akan melakukan kejahatan di bawah hukum internasional, dan pemakzulan menyediakan alat penting untuk mencapai kontrol ini.

3. Gencatan Senjata

Tindakan ini bisa dilakukan dengan disaksikan oleh negara lain maupun PBB, sehingga ketika perjanjian yang telah disepakati ditandatangani, diharapkan isi perjanjian tersebut benar-benar dilaksanakan oleh pihak-pihak yang bertikai. Gencatan senjata dapat memulihkan hubungan negara yang bertikai secara bertahap hingga akhirnya benar-benar terbentuk perdamaian di antara negara tersebut. Sayangnya perjanjian gencatan senjata sering kali tidak mencantumkan sanksi apabila ada yang melanggar, sehingga peperangan dapat berpotensi untuk terjadi kembali.

4.Melakukan Negosiasi

Negosiasi mungkin perlu dilakukan di antara pihak yang bertikai, dengan perwakilan masing-masing pihak duduk bersama membicarakan jalan tengah untuk mengakhiri pertikaian. Dengan melakukan negosiasi maka diharapkan pihak yang terkait mampu berpikir dengan kepala dingin dan mencari solusi yang tepat, dan membicarakan masalah dengan baik-baik agar masalah dapat diselesaikan secara lembut. Tindakan ini juga sebaiknya melibatkan pihak ketiga sebagai penengah agar negosiasi dapat berjalan lancar.

5. Menghargai Budaya Negara Lain

Dengan saling menghargai kita akan selalu berusaha untuk tidak menghina atau memojokkan budaya tertentu, karena sebuah budaya yang aneh bagi kita sebenarnya merupakan kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan. Saling menghargai akan mencegah terjadinya peperangan karena masing-masing pihak merasa tidak ada yang perlu diperdebatkan dan konflik pun dapat dihindari.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini