Share

Kisah Fatmawati, Istri Soekarno Berjualan Ketoprak Usai Pulang Sekolah

Dhea Alvionita, Okezone · Senin 26 September 2022 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 337 2674788 kisah-fatmawati-istri-soekarno-berjualan-ketoprak-usai-pulang-sekolah-K2pNeRWg9l.jpg Soekarno dan Fatmawati (foto: dok ist)

SEMPAT diramal oleh ahli nujum yang berasal dari India akan menjadi istri orang tertinggi di Indonesia. Kini Fatmawati terbukti menikah dengan Soekarno yang saat itu kedudukannya paling tertinggi di Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ahli nujum adalah orang yang pandai meramalkan sesuatu dengan melihat bintang. Dengan arti lain yaitu orang yang pandai meramal nasib orang dengan melihat telapak tangan dan sebagainya.

 BACA JUGA:Soekarno Jatuh Cinta kepada Fatmawati, Ini Penyesalan Terdalam Inggit

Awalnya, Hasan Din tidak sepenuhnya mempercayai peramal tersebut karena saat itu jabatan tertinggi dipegang oleh orang Belanda. Kaum pribumi paling tinggi hanya menjabat sebagai wedana.

Sebelum memasuki masa-masa sekolah, Fatmawati dituntut untuk mempelajari agama Islam dengan Kakeknya dan seorang guru agama. Melihat latar belakang keluarga Fatmawati, di berasal dari orang-orang yang religius, sehingga Fatmawati terbentuk di lingkungan agama yang kental.

 BACA JUGA:Reaksi Inggit saat Soekarno Izin Ingin Menikahi Fatmawati: Aku Pantang Dimadu

Seperti dikisahkan dalam buku Soekarno Fatmawati, dia sempat sekolah di beberapa tempat karena dipindahkan oleh Ayahnya. Diantaranya adalah Sekolah Gedang (Sekolah Rakyat), HIS (Hollandsch Inlandsch School), dan HIS Muhammadiyah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Seperti yang kita ketahui, zaman dahulu sekolah berbayar berbeda dengan zaman sekarang yang serba gratis. Lantaran kala itu kondisi ekonomi keluarganya terbilang tidak mampu, Fatmawati dengan berat hati terpaksa untuk melanjutkan belajar secara mandiri.

Ketika duduk di kelas dua, Fatmawati berjualan ketoprak seusai pulang sekolah. Dengan alasan bahwa dirinya tidak mau meringankan beban kedua orang tuanya.

"Inilah jalan yang kutempuh untuk meringankan beban orang tuaku," ujarnya sebagaimana yang ditulisnya dalam buku Soekarno Fatmawati.

Fatmawati dikenal sebagai seorang anak perempuan yang selalu berkerudung dan pandai mengaji. Selain berjualan ketoprak, Fatmawati juga berjualan kacang bawang buatan Ibunya dan berjualan pecel di tengah keramaian pertunjukan sirkus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini