Share

Pemuda Perindo Dorong Kesadaran Masyarakat Lestarikan Hutan Mangrove

Erfan Maaruf, iNews · Minggu 25 September 2022 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 337 2674686 pemuda-perindo-dorong-kesadaran-masyarakat-lestarikan-hutan-mangrove-WOcTZJQAD0.jpg Wakil Ketua Peduli Lingkungan Hidup DPW Pemuda Perindo Kalimantan Tengah Suriansyah (Foto: MPI)

JAKARTA - Partai Perindo selalu mendorong agar masyarakat di seluruh level usia untuk ikut melestarikan pohon mangrove. Selain dapat memberikan kehidupan bagi hewan laut, pohon mangrove juga menahan abrasi dan menjadi produsen oksigen.

Hal itu dilakukan oleh Wakil Ketua Peduli Lingkungan Hidup DPW Pemuda Perindo Kalimantan Tengah, Suriansyah. Perindo selalu memberikan dukungan pada Suriansyah untuk menjadi penggerak pelestarian pohon mangrove.

BACA JUGA:Partai Perindo Pesawaran Gelar Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Verifikasi Faktual KPU 

Suriansyah menjelaskan, hutan mangrove sangat penting utama pentingnya menahan abrasi. Selain itu, hutan mangrove juga dapat menjadi tempat untuk beranak pinak biota laut seperti udang, ikan kepiting, juga penyumbang oksigen.

 

Dengan banyaknya manfaat tersebut, dia selama 25 tahun selalu konsisten menyemai pohon mangrove dan cemara. Selain itu, dia selalu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif menanam pohon mangrove dan pohon di darat.

"Kita ajak media dari TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Kita mengajak mereka dan mensosialisasikan mereka tentang pentingnya hutan mangrove dan selain hutan mangrove," kata Suriansyah dalam Podcast Aksi Nyata, Minggu (25/9/2022).

BACA JUGA:Gubernur Kaltim Hadiri Acara Temu Kader Partai Perindo, Ini Pesan Isran Noor 

Follow Berita Okezone di Google News

Selain pengelola wisata Suriansyah juga merupakan pendamping mahasiswa dalam dan luar negeri untuk mengetahui tentang konservasi laut.

"Mereka datang ke sana untuk belajar konservasi. Ilmu tentang fungsi hutan mangrove cara untuk menyemai mangrove itu yang didapat dari mereka," ujarnya.

Selain motif pribadi sebagai seorang anak nelayan, aktivitas menyemai pohon mangrove dan mensosialisasikan kepada masyarakat dilakukan tersebut dilakukan untuk agar meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Mangrove sangat penting untuk beranak pihaknya udang, ikan, kepiting," ujarnya.

Dia mengaku, meski saat ini masih banyak masyarakat yang belum banyak mengetahui tentang konservasi laut. Meski demikian dia meyakini suatu saat akan ada perubahan pada generasi masa depan.

"Sulitnya cuma satu masyarakat masih begitu awam. Di situ agak sedikit sulit. Saya yakin suatu saat akan ada perubahan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini