Share

Ini 3 Keluhan Apmiso Nusantara yang Disampaikan ke Dewan Pakar Hary Tanoesoedibjo

Taufik Budi, Okezone · Minggu 25 September 2022 02:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 337 2674369 ini-3-keluhan-apmiso-nusantara-yang-disampaikan-ke-dewan-pakar-hary-tanoesoedibjo-mDSljtWqvJ.jpg Hary Tanoesoedibjo (Foto: MNC Portal)

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara resmi menunjuk Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo sebagai Dewan Pakar.

Ketum Apmiso Nusantara Lasiman mengatakan bahwa pihaknya sudah menyampaikan tiga keluhan pedagang dan pelaku UMKM kepada Hary Tanoe. Pertama, kata dia, soal harga bahan baku seperti daging yang naik setiap tahunnya.

"Dan orang jualan baksa naikkan harga Rp1.000 atau Rp2.000 itu susah payah," kata Lasiman di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 24 September 2022 malam.

Keluhan kedua yang disampaikan Lasiman kepada Hary Tanoe yakni berkaitan dengan aturan higiene hingga sertifikasi halal yang harus dimiliki oleh pedagang mi dan bakso. Padahal untuk mendapat sertifikasi halal tersebut tidak mudah.

"Kedua kami mengeluh sekarang ada UU atau sertifikasi UU higiene tapi pedagang tingkat bawah itu sulit mendapatkan sertifikasi karena bayar. Dan nggak ada yang bayar dan kami sampaikan apakah bisa MNC memfasilitasi teman-teman pedagang mendapatkan sertidikasi halal," ujarnya.

Baca juga: Tunjuk Hary Tanoesoedibjo sebagai Dewan Pakar, Apmiso Nusantara: Dia Peduli UMKM!

Ia menambahkan bahwa keluhan ketiga yang disampaikan Apmiso Nusantara kepada Hary Tanoe berkaitan dengan kualitas produksi sebelum dijajakan kepada masyarakat.

Baca juga: Hary Tanoesoedibjo Ditunjuk Jadi Dewan Pakar Apmiso Nusantara

"Ketiga pedagang bakso ini tidak hanya produksinya tapi penjualannya kalau pedagang aja giling daging dengan mesin yang sudah 20-30 tahun itu kita tidak bisa bayangkan besi yang sudah 20 tahun masih digunakan dan ini yang kita sampaikan," tuturnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo resmi ditunjuk menjadi Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso atau Apmiso Nusantara.

Pengukuhan tersebut berlangsung di tengah ratusan pelaku UMKM oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Kota Semarang Jawa Tengah.

Adapun acara pengukuhan pengurus Apmiso Nusantara dilakukan dengan konsep ekonomi kerakyatan dengan di antaranya menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan hadirnya ratusan pegadang kecil untuk menjajakan dagangan masing-masing

Sejak dulu hiburan budaya akan menjadi magnet yang menarik perhatian banyak penonton. Oleh karenanya para pedagang yang didominasi kalangan UMKM berdatangan sehingga akan tercipta aktivitas ekonomi jual beli.

Baca juga: Hary Tanoe: Partai Perindo Berkomitmen Menciptakan Kader yang Memiliki Daya Saing Tinggi

Dalam sambutannya, Hary Tanoesoedibjo mengatakan bahwa UMKM adalah kunci kebangkitan ekonomi pada saat krisis pada tahun 1998.

Lalu hingga saat ini UMKM yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara jumlahnya mencapai 60 juta. Sementara yang terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM baru mencapaik sekira 30 juta.

Baca juga: Hary Tanoesoedibjo Targetkan Partai Perindo Peroleh 20 Persen Kursi di Kaltim

"Untuk itu perlu dilakukan pendataan menyeluruh agar bisa menyalurkan beragam bantuan," kata dia, Sabtu 24 September 2022.

Hary Tanoe menyatakan bahwa dirinya siap membantu pelaku UMKM utamanya Apmiso agar naik kelas melalui jaringan MNC Group.

Selain itu, MNC Group juga memiliki MNC Bank sehingga pedagang bakso yang kesulitan permodalan bisa mengajukan kredit, termasuk memberikan edukasi berupa cara pengolahan bakso yang enak, higienis, dan halal.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini