Share

Desa Wisata Kertarahayu, Sediakan Layanan Daun Kering Ditukar dengan Bibit Sayuran

Nur Khabibi, MNC Portal · Minggu 25 September 2022 00:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 337 2674362 desa-wisata-kertarahayu-sediakan-layanan-daun-kering-ditukar-dengan-bibit-sayuran-hhPcuBKXm9.jpg Podcast Partai Perindo (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi memiliki program desa wisata yang disebut dengan Kampoeng Kita. Selain menawarkan keindahan alam desa tersebut, di obyek Wisata Kampoeng Kita juga terdapat program ketahan pangan atau yang lebih dikenal dengan Ketapang.

Praktisi Eco Planner Kertarahayu, Budiono menjelaskan, terkait program Ketapang, disediakan layanan daun kering ditukar dengan bibit-bibit sayuran.

"Sampah daun-daun itu jangan ada pembakaran lagi, dikumpulkan dituker pohon terong, tomat, dan cabai," kata Budiono dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Sabtu (24/9/2022).

Budiono menjelaskan, penukaran secara terjadwal dilakukan selama dua Minggu sekali. Dalam kurun waktu tersebut, masyarakat mengumpulkan daun-daun kering yang berada di sekitar lingkungan mereka dan ditukarkan bibir sayuran yang dimaksud.

Baca juga: Desa Wisata Kertarahayu, Pemuda Perindo Beberkan Hal yang Harus Diperbaiki untuk Promosi

Hal itu menurut Budiono, merupakan salah satu program dalam Ketapang. Budiono menyebutkan, dalam pelaksanaannya, perangkat Desa Kertarahayu selaku pengelola tidak berjalan sendiri.

Baca juga: Podcast Aksi Nyata: Bersepeda dengan Komunitas Bikin Tak Gampang Capek

Dalam praktiknya, mereka dibantu oleh beberapa perguruan tinggi yang berada di sekitar Kabupaten Bekasi.

"Satu perguruan tinggi membina satu RW," ucapnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini