Share

5 Fakta Dana Otsus Papua Rp1.000 Triliun yang Diduga Dikorupsi, Rakyat Papua Masih Miskin

Tim Okezone, Okezone · Minggu 25 September 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 337 2674220 5-fakta-dana-otsus-papua-rp1-000-triliun-yang-diduga-dikorupsi-rakyat-papua-masih-miskin-JnE9N5w4WZ.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTAMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah sudah menggelontorkan dana otonomi khusus (Otsus) untuk membantu mengatasi tingkat kemiskinan di Papua.

Dana Otsus yang digelontorkan juga angkanya fantastis yakni mencapai Rp 1.000,7 triliun. Namun dana tersebut diduga dikorupsi oleh oknum disana.

Baca juga: Disinggung Pengacara Lukas Enembe Terlalu Ikut Campur, Ini Jawaban Menohok Mahfud MD   

Berikut 5 fakta dana otsus yang diduga dikorupsi banyak oknum disana.

1. Dana Otsus Rp500 Triliun Diberikan Sejak Pemerintah Gubernur Papua Lukas Enembe

Mahfud MD menyebut, sejak pemerintahan Gubernur Papua Lukas Enembe sudah ada Rp500 triliun dana Otsus yang digelontorkan pemerintah pusat untuk membangun Papua dan menyejahterakan rakyatnya. Namun, dana sebesar itu tak menghasilkan apapun dan membuat rakyat Papua masih berada di garis kemiskinan.

Baca juga: Mahfud MD Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Menyerahkan Diri ke KPK!   

2. Oknum pejabat ikut korupsi

Mahfud MD menduga adanya praktik rasuah oleh sejumlah oknum di Papua. Alasannya karena dana otsus sudah digelontorkan tapi rakyat Papua masih miskin.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Rakyatnya tetap miskin, pejabatnya foya-foya, dengan cara tadi, ada kick back, ada hanya kebenaran formalitas transaksi karena sesudah mendapatkan PMP, KPK dulu pernah periksa disclaimer tidak bisa, baru diperbaiki hanya penyesuaian antara buku dan transaksi," katanya.

Dia mengatakan dana otsus yang dialokasi pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur, sejauh ini diduga banyak dikorupsi oleh oknum - oknum tak bertanggung jawab. Hal ini membuat pemerataan pembangunan masih sulit diwujudkan di Papua.

 Baca Selengkapnya: Bikin Mahfud Meradang, Ini 5 Fakta Dana Otsus Papua Rp1.000,7 Triliun yang Dikorupsi

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini