Share

Gus Baha Jelaskan Hukum Gelar Demonstrasi dalam Islam

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 23:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673942 gus-baha-jelaskan-hukum-gelar-demonstrasi-dalam-islam-TizN7UFXJM.jpg Gus Baha (Foto: ist)

JAKARTA - KH Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha menjelaskan soal hukum melakukan demonstrasi dalam menyuarakan pendapat kepada pemerintah.

Dilansir dari akun Youtube Santreh, Gus Baha menjelaskan bahwa makna pokok dari demonstrasi adalah untuk memperlihatkan kekuatan.

"Demonstarsi itu mana pokoknya memperlihatkan kekuatan. Sehingga kalau dalam Islam itu fleksibel kalau tidak anarkis tak merugikan orang lain tentu boleh," kata Gus Baha, Jumat (23/9/2022).

Ia menambahkan bahwa bila umat Islam tak menyuarakan aspirasinya malah bisa disalahkan karena tak bertanggung jawab dalam proses bernegara.

"Bahkan kalau tidak menyuarakan suara kita tentu dengan cara Islami itu malah kita disalahkan karena kita tak bertanggung jawab terhadap proses bernegara tapi tentu disuarakan secara konstitusional dan baik," imbuhnya.

Baca juga: Heboh Promo Minuman Beralkohol, Gus Baha Bercerita Asal Mula Khamr Diharamkan

Ia pun menceritakan saat Rektor UII meminta izin kepadanya untuk menggelar aksi demonstrasi menolak RKUHP di Yogkarta.

"Kemarin pas demo di Yogyakarta yang ramai itu masalah RUKUHP itu Rektornya UII ketemu saya, 'Gus mau demo ya'," ucap Gus Baha.

Baca juga: Abu Nawas Menang Lomba Bikin Raja Tidur, Modalnya Cuma Cerita Amburadul!

"(Ya boleh) tapi yang baik dan sopan," timpal Gus Baha.

 

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini