Share

5 Fakta Sudrajad Dimyati, Hakim Agung yang Terlibat Korupsi di MA

Andhika Shaputra, Okezone · Sabtu 24 September 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673851 5-fakta-sudrajad-dimyati-hakim-agung-yang-terlibat-korupsi-di-ma-Ernns7YGYb.jpg Hakim Agung Sudrajat saat ditahan KPK (foto: dok MPI)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Hakim Mahkamah Agung (MA), Sudrajad Dimyati (SD) sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara. Hakim Sudrajad diduga telah menerima uang suap senilai Rp800 juta. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama tujuh orang lainnya.

Adapun, ketujuh tersangka lainnya yakni, Panitera Pengganti MA, Elly Tri Pangestu (ETP); empat PNS MA, Desy Yustria (DS), Muhajir Habibie (MH), Redi (RD), dan Albasri (AB). Selanjutnya, dua Pengacara Yosep Parera (YP) dan Eko Suparno (ES). Kemudian, dua Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Heryanto Tanaka (HT) dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS). Berikut fakta-fakta Hakim Agung terlibat korupsi:

1. Terjerat Suap Pengkondisian Putusan Kasasi di MA

 

Ketua KPK, Firli Bahuri membeberkan kasus dugaan suap uang menyeret Hakim Agung, Sudrajad Dimyati ini berkaitan pengkondisian putusan kasasi di MA. Awalnya, terdapat laporan pidana dan gugatan perdata terkait dengan aktivitas dari koperasi simpan pinjam Intidana di Pengadilan Negeri Semarang.

 BACA JUGA:Hakim Agung Sudrajad Dimyati Sudah Ditahan KPK, Kini Diberhentikan Sementara

Di mana, gugatan perdata tersebut diajukan oleh Debitur Koperasi Simpan Pinjam Intidana, Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto yang diwakili kuasa hukumnya, Yosep Parera dan Eko Suparno.

Singkat cerita, gugatan itu berlanjut ke tingkat kasasi di MA. Yosep dan Eko kemudian melakukan pertemuan serta komunikasi dengan beberapa pegawai di Kepaniteraan Mahkamah Agung yang dinilai mampu menjadi penghubung hingga fasilitator dengan majelis hakim.

Adapun, pegawai MA yang saat itu diduga bersepakat jahat dengan Yosep dan Eko Suparno yakni, Desy Yustria. Desy dijanjikan akan diberikan imbalan uang jika bisa mengabulkan permohonan gugatan Heryanto Tanaka dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto.

Desy kemudian diduga mengajak Elly Tri Pangestu yang merupakan Hakim Yustisial sekaligus Panitera Pengganti di MA dan Muhajir Habibie. Mereka bertugas sebagai penghubung penyerahan uang kepada hakim.

2. Uang Suap Sudrajad Dimyati Disimpan di Kotak Kamus Bahasa Inggris

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah uang yang diduga merupakan uang suap atas pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Uang tersebut rencananya akan diberikan kepada Hakim Agung Sudrajad Dimyati untuk memuluskan upaya Kasasi terhadap putusan Pengadilan Negeri Semarang dan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

 BACA JUGA:Sebelum Datang ke KPK, Hakim Agung Sudrajad Temui Pimpinan MA

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, uang suap itu diletakkan dalam sebuah kotak yang menyerupai sebuah kamus besar bahasa inggris.


3. Hakim Agung Sudrajad Dimyati Miliki Kekayaan Rp10,7 Miliar

 

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara dari situs KPK, Jumat (23/9/2022) Dimyati memiliki harta total Rp 10,7 miliar. LHKP tersebut dilaporkan oleh yang bersangkutan pada Maret 2022 untuk laporan periodik 2021.

Selain itu, dirinya juga memiliki delapan bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta dan Yogyakarta bernilai Rp 2.455.796.000.

Selain itu, dirinya juga memiliki satu unit kendaraan bermotor jenis Honda Vario dan kendaraan roda empat jenis Honda MPV senilai Rp 209 juta rupiah.

Dimyati juga tercatat memiliki harta bergerak senilai Rp40 juta serta kas dan setara kas senilai Rp8 miliar.

4. Hakim Agung Sudrajad Datangi KPK

Hakim Agung, Sudrajad Dimyati mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Kedatangannya untuk memenuhi panggilan dan menjelaskan keterangan kasus OTT pengurusan perkara di Mahkamah Agung, Jumat (23/9/2022).

Sudrajat tiba di Gedung KPK pada pukul 10.20 WIB dengan menggunakan batik berwarna ungu dan langsung masuk ke dalam gedung KPK. Dirinya tiba dengan didampingi oleh empat orang lainnya dan langsung masuk tanpa memberikan statement apapun.

5. KPK Tahan Hakim MA Sudrajad Dimyati untuk 20 Hari Pertama

 

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, Sudrajad bakal ditahan untuk masa penahanan pertamanya selama 20 hari ke depan. Hakim Agung yang bertugas di Unit Kerja Kamar Perdata tersebut ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Lama KPK, Jalan Kavling C1, Jakarta Selatan.

"Saat ini tim penyidik kembali menahan satu tersangka yaitu SD untuk 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 23 September 2022 sampai dengan 12 Oktober 2022 di Rutan KPK pada Kavling C1," kata Alex, sapaan karib Alexander Marwata saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini