Share

Genjot Sektor Pariwisata, Bupati Semarang Raih Penghargaan KDI 2022

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673788 genjot-sektor-pariwisata-bupati-semarang-raih-penghargaan-kdi-2022-E7LuAAGw7w.jpg Wakil Bupati Semarang H. Basari menerima penghargaan KDI 2022 dari Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk di Klenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah (Foto: MPI)

SEMARANG - Sektor pariwisata di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sedang menggeliat untuk mulai bangkit. Bupati Semarang Ngesti Nugraha gencar melakukan promosi dan pengembangan kawasan wisata. Terlebih, di daerahnya terdapat lebih kurang 50 destinasi wisata yang tersebar di Kabupaten Semarang.

Gencarnya promosi yang dilakukan Bupati Ngesti bertujuan untuk membantu para pelaku wisata, dan membangkitkan kembali ekonomi di sektor pariwisata. Kegigihan dan konsistensinya dalam mempromosikan sektor pariwisata, mengantarkannya meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Pariwisata dengan inovasi Pengembangan Pariwisata.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif merupakan signature program yang menjadi komitmen MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. Malam puncak KDI 2022 digelar di Kota Semarang, Kamis (22/9/2022) malam.

"Saya H. Basari Wakil Bupati Semarang, yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Bapak H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H. Mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif tahun 2022. Kami meraih apresiasi kategori pariwisata," ucap Wakil Bupati Semarang H. Basari.

Wakil Bupati Semarang bersama sejumlah kepala daerah 

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, agar anugerah Kepala Daerah Inovatif ini menjadi catatan penting bagi tumbuh suburnya inovasi di daerah dan desa-desa, yang dapat mempercepat pembangunan nasional yang dimulai dari desa. Ia juga sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan selamat kepada para kepala daerah peraih penghargaan KDI 2022.

"Selamat kepada semua kepala daerah yang mendapatkan anugerah inovasi pada dari MNC Portal Indonesia pada tahun 2022," ujarnya.

BACA JUGA:Sukses Tangani Stunting, Pemkab Halmahera Tengah Raih KDI 2022 

KDI 2022 yang mengusung tema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0 ini, dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

"Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu, dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Wakil Bupati H. Basari mengatakan, penghargaan KDI 2022 yang berhasil diraih, tidak terlepas dari hasil kerja keras semua pihak dalam menjalankan promosi dan pengembangan kawasan wisata di Kabupaten Semarang. 

Di bawah duet kepemimpinan Bupati Ngesti Nugraha dan H. Basari pertumbuhan sektor pariwisata berkembang dinamis. Indikator ini dapat dilihat dari penambahan jumlah destinasi wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta wahana. Saat ini, terdapat 225 destinasi wisata termasuk 74 desa wisata yang menjadi daya tarik wisatawan.

Pengembangan kawasan wisata seiring dengan pembangunan infrastruktur, seperti fasilitas di Candi Gedung Songo di Bandungan, Bukit Cinta Rawa Pening, Waterpark, Palagan Ambarawa, serta perbaikan obyek wisata Muncul. Dengan adanya promosi dan pengembangan kawasan wisata, ia berharap wisatawan juga bisa menginap dan tidak hanya berwisata saja. Pada sebuah kesempatan, Bupati Ngesti menyatakan, berbagai strategi dan promosi terus dilakukan secara gencar untuk mendongkrak sektor pariwisata di wilayahnya.

"Kita melakukan promosi wisata agar pengunjung wisata di Kabupaten Semarang tidak hanya mampir tapi menjadi tujuan wisata. Tidak hanya mampir, namun juga menginap di Kabupaten Semarang ada beberapa fasilitas perhotelan seperti di Bandungan, Ungaran, Bawen," tuturnya.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan, selamat kepada penerima KDI 2022.

"Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Agung.

Kepala Daerah Inovatif merupakan ajang penghargaan sekaligus apresiasi yang diberikan kepada para kepala daerah berprestasi baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Pada ajang KDI 2022 terdapat lima kategori penghargaan, yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan. Sedangkan Kabupaten Semarang sendiri telah melakukan inovasi di sektor pariwisata.

"Di Kabupaten Semarang banyak tempat – tempat wisata di antaranya rawa bening, Candi Gedong Songo dan banyak lagi pariwisata di Kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang geografisnya terbentuk dari pegunungan dan ada danau yaitu rawa bening," tutur Wabup H. Basari.

Kepala Daerah Inovatif digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah pada 2014. Kedua, di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2015. Sedangkan pada 2016 dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat lalu tahun berikutnya yakni 2017 dilangsungkan di Jakarta. Pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada 2019 di Padang, Sumatera Barat. Sedangkan pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena masih dalam situasi pandemi. Pada 2022 ini KDI digelar Semarang, Jawa Tengah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini