Share

Webinar Partai Perindo: Rektor Sanata Dharma Sampaikan Seruan Moral Pemilu 2024

Muhammad Farhan, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673599 webinar-partai-perindo-rektor-sanata-dharma-sampaikan-seruan-moral-pemilu-2024-I2DHUGw02P.JPG Webinar Partai Perindo (Foto MPI)

JAKARTA - Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana SJ, S.S, Ph.D menyampaikan seruan moral yang dihasilkan melalui pertemuan rektor-rektor di Jogjakarta perihal pemilu 2024. Pria yang akrab disapa Romo Bagus itu pun mengungkapkan dasar tujuan deklarasi tersebut lantaran keresahan melihat animo demokrasi dan pemilu saat ini yang memprihatinkan.

Romo Bagus menyampaikan para rektor yang berkumpul tersebut memiliki tanggung jawab sebagai insan akademisi yang bertugas mencerdaskan bangsa dan masyarakat. Ia mengungkapkan tingkat demokrasi di Indonesia saat ini belum memenuhi standar tingkat politik yang menyejahterakan masyarakat.

"Jika dibandingkan dengan negara-negara yang berdemokrasi lainnya, kita cukup prihatin dengan demokrasi bangsa kita sendiri. Kita masih berada dalam situasi yang krusial dan kritis dalam masa transisi demokrasi dewasa ini. Terlebih dalam tata politik yang beradab, itu belum sepenuhnya berjalan," jelas Romo Bagus dalam Webinar Mingguan Partai Perindo, Jumat (23/9/2022).

Romo Bagus menjelaskan hal-hal yang dikhawatirkan oleh para rektor dalam konteks pemilu saat ini, terutama dalam praktik demokrasi yang substansial.

"Kita tidak ingin bahwa pemilu itu hanya menjadi ajang untuk kompetisi kuasa dengan mekanisme yang kotor dan tidak transparan. Kita meyakini pemilu itu harus menjadi pendidikan politik terutama bagi moral bangsa," terang Bagus.

Dia pun menekankan kekhawatiran para akademisi terhadap kualitas demokrasi dan pemilu saat ini berdasarkan gejala-gejala politik yang ramai di ranah publik. Menurutnya, kontestasi pemilu dan demokrasi saat ini hanya dikuasai oleh segelintir kelompok tertentu, tidak partisipatif.

"Kita mengimbau untuk itu pemilu mendatang tidak dikuasai oleh elit-elit partai politik yang nyatanya didominasi ketokohan sosok dinasti berbasis keturunan atau citra tertentu. Padahal seharusnya berbasis program atau improvement bagi masyarakat, apalagi jika sosok tersebut belum teruji kiprah sesungguhnya," jelas Romo Bagus.

Untuk diketahui, Romo Bagus menjelaskan pandangannya tersebut dalam Webinar Mingguan Partai Perindo, dengan tema "Beban Berat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dan Bermartabat". Selain Romo Bagus, diskusi tersebut juga diisi oleh narasumber seperti Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo yang juga Mantan Komisioner KPU RI, DR Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Sebagai informasi, Webinar Mingguan Partai Perindo disiarkan secara langsung di seluruh portal milik MNC Group yakni Okezone, Sindonews, iNews.id, PartaiPerindo.com dan ditayangkan juga di YouTube Partai Perindo.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini