Share

Sukses Tangani Stunting, Pemkab Halmahera Tengah Raih KDI 2022

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Jum'at 23 September 2022 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673519 sukses-tangani-stunting-pemkab-halmahera-tengah-raih-kdi-2022-8KOqy3tkYU.jpg Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara hadir dalam Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022. (Foto: Istimewa)

SEMARANG - Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara berhasil meraih penghargaan dalam ajang Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Kesehatan. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Bappelitbangda Halmahera Tengah Salim Kamaluddin mewakili Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara pada malam puncak penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022. Acara ini digelar di Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

"Mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia, MNC Group yang telah memberikan apresiasi Kepala Daerah Inovatif 2022. Kami meraih apresiasi kategori bidang kesehatan Inovasi yang sudah kami lakukan adalah : penanganan stunting dan pelayanan dasar kesehatan lainnya, berupa tanggap darurat dan home visit," ujarnya.

Prestasi yang diraih dalam ajang penghargaan ini tidak terlepas dari program strategis Bupati Halteng dalam melaksanakan program penanganan stunting (kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya).

Penanganan stunting dimulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten melalui rakor dan workshop. Bupati Edi mengatakan, upaya ini ada melalui sinergitas dan kerja terpadu melalui Bappelitbangda, Dinkes, Dinas P2KB, Pendidikan serta Perkim dan Ketpang.

"Sebagai upaya sinergitas. Kami telah menandatangani pakta kerja sama penurunan stunting dengan 40 kepala Desa dalam wilayah Kabupaten Halmahera Tengah," ucap Bupati Edi yang meraih penghargaan Kategori Kesehatan dalam hal penanganan stunting terbaik kedua tingkat Provinsi Maluku Utara 2020 dan 2021.

Program Penanggulangan Stunting

Pelaksanaan program penanggulangan stunting di Kabupaten Halteng berupa penanganan kasus gizi kurang, gizi buruk, upaya perbaikan gizi masyarakat, perbaikan sanitasi keluarga, penanganan kesehatan ibu hamil secara prosedur, pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi bayi, balita, anak usia remaja, hingga kegiatan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI).

 

Bupati Edi berharap agar Duta Faduli Stunting dapat mengawal dan memotori agenda-agenda stunting di Kabupaten Halmahera Tengah. (Foto:dok Pemkab Halmahera Tengah)

Bupati kelahiran Gemia, Maluku Utara, 12 September 1966, ini juga menyiapkan 2 unit speedboat atau ambulance laut dan 11 mobil ambulance untuk operasional semua Puskesmas. Di samping itu, merekrut tenaga PTT kesehatan sebanyak 415 orang yang tersebar di 11 Puskesmas dan RSUD Weda (Sumber Data Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Tengah).

Bupati Edi juga menjalankan program home visit, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar. Terutama pada masyarakat terpencil yang dilaksanakan oleh tenaga medis di tiap Puskesmas dan Postu.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Halmahera Tengah, serta para penerima KDI 2022.

"Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Karena itulah diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memanfaatkan seluruh sumber dayanya untuk menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan daerah, maupun melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan terobosan dan inovasi," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, "Dalam kondisi yang sangat penuh tantangan, kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada Bupati inovatif, ada Wali Kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan," jelasnya.

KDI merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia dan KORAN SINDO yang memberikan ruang bagi kepada kepala daerah menuju kemajuan nasional.

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi Untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0 ini, terdapat lima kategori penghargaan, yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

(Wid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini