Share

Mengintip 3 Tahap Pendidikan Komando Kopassus, Harus Siap Menderita

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673487 mengintip-3-tahap-pendidikan-komando-kopassus-harus-siap-menderita-TM0IAZVEdh.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Mengintip 3 tahap pendidikan komando Kopassus yang tak banyak orang tahu.

Perkembangan pendidikan untuk menjadi anggota Kopassus berkembang sesuai zaman. Dibandingkan dengan Pendidikan Komando di awal terbentuknya Kopassus, sekarang ini latihan sudah memiliki kurikulum yang jelas dengan tujuan utama pembentukan mental Komando dan pendidikan dasar.

Bukan hanya serdik yang mendapat pendidikan, tetapi para pelatih yang dipilih dari bintara dan tamtama terbaik pun mendapat pendidikan khusus. Generasi awal Kopassus yang dulu dikenal dengan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) dilahirkan dari tangan dingin para pelatih generasi pertama.

Berikut 3 tahap pendidikan Komando Kopassus dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tahap Dasar

Tahap dasar atau dikenal tahap basis menjadi tahap awal dalam pendidikan komando. Di tahap ini, setiap peserta pendidikan komando telah dibekali ilmu-ilmu dasar prajurit komando, baik secara perorangan, kelompok, maupun hubungan tim.

Dengan begitu mampu membentuk karakter prajurit komando sejati. Di akhir tahap basis ditandai dengan materi Uji Keterampilan Komando (UKK) yang harus diselesaikan selama 12 hari dengan membutuhkan tekad tinggi serta karakter prajurit individu.

2. Tahap Gunung Hutan

Tahap  selanjutnya adalah untuk  mempertahankan diri dari berbagai macam medan dan cuaca yang ekstrem. Beragam pendidikan keras pun harus diterima anggota Kopassus selama berbulan-bulan. Mental dan fisik mereka digembleng agar jadi prajurit tangguh.

Materi-materi yang dihadapi diketahui banyak mengandung risiko tinggi. Bahkan, nyawa menjadi taruhannya dengan tujuan membentuk jiwa korsa sebagai prajurit komando.

Salah satu yang terberat dalam proses latihan adalah harus bisa berenang sejauh 2 kilometer tanpa henti. Mereka juga harus berenang ponco menyeberangi selat dari Cilacap ke Nusakambangan.

3. Tahap Rawa Laut

Tahap rawa laut dianggap menjadi media yang sangat sulit untuk dihadapi para peserta.

Untuk melewati tahap ini, setiap peserta harus mengkombinasikan teknik dan taktik khusus. Salah satunya, simulasi perang melawan musuh juga jadi bagian yang wajib dicicipi. Jika ada yang tertangkap 'musuh', yang bersangkutan harus siap-siap mengalami penderitaan.

Demikian 3 tahap pendidikan komando Kopassus yang tak banyak orang tahu. Tak heran jika pasukan elite ini pernah menduduki peringkat ketiga terbaik dunia.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini