Share

Inisiasi Ambulans Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato, Bupati Nias Barat Boyong Penghargaan KDI 2022

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673231 inisiasi-ambulans-gratis-24-jam-soguna-ba-zato-bupati-nias-barat-boyong-penghargaan-kdi-2022-YnjY1kJHPW.png Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menerima penghargaan KDI 2022. (Foto: MPI)

SEMARANG – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu memboyong penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori kesehatan berkat inovasi Ambulans Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato. Penghargaan ini diterima langsung pada malam puncak KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

Inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato merupakan bentuk nyata dari upaya Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan, terutama dalam hal layanan kesehatan.

Seperti diketahui, kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan hingga pembangunan ekonomi. Bahkan, Indeks Pembangunan Manusia menempatkan kesehatan sebagai salah satu komponen utama pengukuran, selain pendidikan dan pendapatan.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Nias Barat berupaya untuk terus hadir bagi masyarakat, khususnya dalam pemerataan akses pelayanan kesehatan. Menurut Bupati Khenoki, ambulans yang berjaga selama 24 jam ini dilengkapi dengan peralatan medis yang mumpuni.

Foto: Pemkab Nias Barat

Sesuai dengan namanya, ‘Soguna Ba Zato’ yang berarti berguna bagi banyak orang, maka diharapkan fasilitas ini dapat benar-benar memberikan keberpihakan kepada masyarakat umum. Maka dari itu, layanan yang diberikan ambulans ini kepada masyarakat pun gratis.

Penyediaan ambulans gratis ini mulanya dilatarbelakangi oleh keprihatinan Bupati Khenoki terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat Nias Barat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, tetapi terkendala dengan biaya.

Baca juga:  Buka Anugerah KDI 2022, Komisaris Utama MNC Apresiasi Kepala Daerah Berinovasi

Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Kesehatan pun meluncurkan Kontak Darurat (Emergency Call) yang terhubung kepada puskesmas di berbagai daerah hingga pihak rumah sakit pratama. Hal ini tentunya agar masyarakat dapat memiliki akses yang sangat mudah ketika membutuhkan pertolongan dalam situasi darurat.

Atas prestasi tersebut, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, serta kepala daerah yang meraih penghargaan KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya pada malam puncak KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

Bupati Nias Barat menegaskan, penghargaan tersebut ditujukan untuk semua pihak yang telah berkontribusi dalam realisasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato.

“Inovasi Ambulance Gratis 24 jam ini merupakan program yang telah saya launching sejak menjabat bertujuan untuk membantu masyarakat agar merasa terjamin kesehatan warga Nias Barat dan tidak ragu lagi untuk berobat ke puskesmas maupun rumah sakit secara antar jemput gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan jika masa Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

“Maka, dalam kondisi yang sangat penuh tantangan ini ketika kita menemukan ada Gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” tuturnya.

Seperti diketahui, penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi. Dalam perjalanannya sejak 2014, KDI telah digelar di Solo, Makassar, Bandung, dan Jakarta. Kemudian, pada 2018 KDI kembali dihelat di Makassar, dan berlanjut ke Padang hingga pada 2020 dan 2021 digelar secara virtual karena dalam situasi pandemi Covid-19.

Kali ini, KDI 2022 digelar di Semarang, Jawa Tengah dengan mengusung tema Inovasi untuk akselerasi kemajuan daerah menyongsong era society 5.0. Terdapat lima kategori penghargaan yang diberikan, yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini