Share

Selamat! Bupati Jayapura Raih Penghargaan KDI 2022 Lewat Program Distrik Membangun-Membangun Distrik

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 23 September 2022 00:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 337 2673202 selamat-bupati-jayapura-raih-penghargaan-kdi-2022-lewat-program-distrik-membangun-membangun-distrik-KAM82BaS63.png Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna menyerahkan plakat penghargaan kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang diwakili Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Timothius J Demetouw. (Foto: MPI)

SEMARANG - Ajang penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kembali digelar. Kali ini KDI 2022 diselenggarakan di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

KDI 2022 merupakan ajang penghargaan sekaligus apresiasi yang diberikan kepada para kepala daerah berprestasi baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Pada ajang KDI yang bertema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0 ini terdapat lima kategori penghargaan yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.

Salah satu penghargaan diberikan pada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Timothius J Demetouw, meraih apresiasi dalam kategori Pelayanan Publik. Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada MNC Group, MNC Portal dan Koran Sindo yang telah memilihnya sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif 2022.

“Saya mengucapkan terima kasih pada MNC Group yg memberikan apresiasi KDI 2022 dengan kategori pelayanan publik dan bagi kami ini luar biasa mendapatkan penghargaan KDI 2022,” tuturnya.

“Inovasi yang kami lakukan adalah distrik membangun dan membangun distrik di Jayapura. Di mana Jayapura melalui kepemimpinan bupati memberikan dana dalam pendekatan kewilayahan kepada distrik untuk melakukan pembangunan melalui dana ADK atau anggaran dana desa kepada kampung dan distrik di Jayapura dalam berbagai bidang, yang pertama menyangkut data, informasi dan pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Pantun Mendes: Lewat Gelaran KDI MNC Portal, Tercipta Pemimpin Daerah yang Handal

Ia melanjutkan, hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan diikuti pelayanan KTP yang tadinya berada di kabupaten yang dilimpahkan ke distrik, termasuk pelayanan perizinan, pendapatan semua telah diserahkan ke distrik, sebagai pusat data dan pusat informasi, sebagai pusat pelayanan pendidikan pelatihan dan ekonomi.

Foto: MPI

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan Menjadi Salah Satu Perubahan yang Sangat Esensial, karena menyangkut kedudukan, tugas pokok dan fungsi.

Sebelumnya, kecamatan merupakan perangkat daerah otonom dalam rangka pelaksanaan asas desentralisasi, ditambah perannya kini menjadi daerah otonom yang juga melaksanakan urusan pemerintahan umum.

Selain itu, ada perubahan kelurahan yang sebelumnya merupakan wilayah kerja, saat ini menjadi perangkat kecamatan dan bertanggung jawab kepada camat.

Perihal distrik tidak dalam kerangka untuk diri sendiri tetapi distrik untuk pelayanan kepada masyarakat.

Timothius juga menghaturkan terima kasih kepada masyarakat Jayapura dan juga pada OPD serta pihak-pihak yang telah bekerja sama atas terselenggaranya program ini.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemko Semarang yang telah menjadi tuan rumah ajang KDI 2022.

“Kami terima kasih pada Pemko Semarang menjadi tuan rumah pemberian apresiasi KDI 2022, semoga akan berlanjut,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Agung Firman mengatakan, seiring berjalannya desentralisasi begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi.

“Oleh karena itu, dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa Indonesia, betapa susahnya mengelola melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan, ini ketika kita menemukan ada gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” ujarnya.

Selamat kepada para penerima penghargaan!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini