Share

5 Kasus Perampokan Toko Emas, Pelaku Gunakan Palu hingga Senpi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 23 September 2022 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 337 2673194 5-kasus-perampokan-toko-emas-pelaku-gunakan-palu-hingga-senpi-sUGJqwMgGg.jpg Illustrasi perampokan toko emas (foto: Freepick)

PERAMPOKAN toko emas saat ini sudah marak terjadi di Indonesia, tidak hanya sekali dua kali. Akibat dari perampokan tersebut, banyak kerugian yang dialami berbagai pihak yang menjadi korban.

Berikut beberapa kasus perampokan di toko emas yang pernah terjadi di Indonesia yang diolah dari berbagai sumber:

1. Perampokan Toko Emas di ITC BSD Serpong

 

Kasus perampokan yang baru-baru ini hangat diperbincangkan oleh masyarakat terjadi di Toko Emas Sinar Mas yang berlokasi di ITC BSD Serpong pada Jumat (16/9/2022) pukul 12.15 ketika warga sedang melakukan shalat Jumat.

 BACA JUGA:Kerugikan Perampokan Toko Emas di Pusat Perbelanjaan BSD Tangsel Capai Rp357 Juta

Perampok berhasil membawa perhiasan emas sebesar 650 gram atau dapat ditafsir seharga Rp370 juta yang membuat toko emas tersebut mengalami kerugian. Banyak saksi mata yang mengatakan bahwa aksi perampokan tersebut dilakukan oleh dua orang. Saat ini kasus tersebut masih diselidiki oleh kepolisian.

2. Perampokan Toko Emas Pribadi Baru

Perampokan toko emas terjadi di Toko Emas Pribadi Baru di Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto pada Senin (6/6/22) sekitar pukul 07.30 WIB. Pelaku datang dengan menggunakan sepeda motor ke toko emas dengan membawa martil. Martil tersebut lantas dipakai untuk memukul kaca etalase perhiasan emas hingga pecah. Sekitar 15 perhiasan emas berupa gelang berhasil dibawa kabur oleh pelaku.

 BACA JUGA:5 Fakta Perampokan Toko Emas di Serpong, Pelaku Letuskan Tembakan

Mengetahui hal ini, masyarakat sekitar langsung berusaha mengejar pelaku ke arah hutan jati. Tak lama, pelaku dapat diringkus polisi.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

3. Perampokan Toko Emas di Cisoka

 

Sebanyak lima tersangka kasus pencurian toko emas di Pasar Cisoka, Kabupaten Tangerang berhasil ditangkap polisi. Perampokan itu terjadi pada Selasa 12 April 2022 dan sempat viral di media sosial karena para pelaku masuk ke dalam mobil Pajero Sport setelah melakukan aksinya.

Tiga pelaku di antaranya merupakan seorang perempuan dan mereka ditangkap di rumah masing-masing di wilayah Sumatera. Pelaku berhasil mencuri 7 buah kalung emas 22 karat sebesar 48 gram senilai Rp22 juta.

4. Perampokan Toko Emas di Kutabumi

 

Dua orang bersenjata api merampok toko emas yang berlokasi di Jalan Raya Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, pada Minggu (10/4/2022) pukul 19.45 WIB.

Selain menembak kaca toko tersebut untuk memulai aksinya, pelaku juga membuat sekuriti kompleks yang tengah berjaga di sekitar lokasi mengalami luka tembak. Ia terkena tembak di bagian paha ketika mencoba menghampiri lokasi saat kejadian perampokan berlangsung.

Perampok berhasil membawa kabur sejumlah perhiasan, yang saat itu polisi belum bisa memastikan total kerugian.

5. Perampokan di Pasar Simpang Limun, Medan

 

Tiga terdakwa eksekutor perampokan terhadap dua toko emas di Pasar Simpang Limun, Kota Medan, Sumatera Utara dijatuhi hukuman masing-masing 11 tahun penjara. Ketiganya adalah Paul Jhon Alberto Sitorus (memegang senpi jenis FN), Prayogi alias Bedjo, dan Farel Ghifari Akbar.

Sebelumnya, seorang pelaku lainnya, yakni HS, tewas terkena timah panas polisi lantaran melakukan perlawanan dan membahayakan pihak kepolisian. Para pelaku merampok emas seberat 5,5 kg dari dua toko emas di Pasar Simpang Limun, pada Kamis (26/8/2021). Selain itu, seorang juru parkir yang mencoba menghalau aksi perampokan juga sempat ditembak oleh pelaku.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini