Share

Selamat! 7 Gubernur Raih Anugerah KDI 2022 MNC Portal, Ini Prestasinya

Angga Rosa AD, Koran Sindo · Kamis 22 September 2022 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 337 2673188 selamat-7-gubernur-raih-anugerah-kdi-2022-mnc-portal-ini-prestasinya-GyseZa3gpx.jpg Anugerah KDI 2022. (Foto: MPI)

SEMARANG - Sebanyak tujuh gubernur mendapat anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 MNC Portal Indonesia. Mereka mendapatkan penghargaan tersebut setelah berhasil mengembangkan dan membangun daerah dengan inovasi dan terobosan yang telah dilakukan.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D; Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M. U.D; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S. H., M.HUM. Para gubernur ini, mendapat anugerah KDI 2022 Kategori Pelayanan Publik.

Kemudian Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si dan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang mendapat anugerah KDI 2022 Kategori Ekonomi. Adapun peraih anugerah KDI 2022 MNC Portal Kategori Pariwisata yaitu Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.H.

Penghargaan KDI 2022 diberikan Kategori Pelayanan Publik diberikan kepada Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dengan inovasi Sipelanduk Kilat Smart.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berhasil menciptakan sistem pelayanan administrasi kependudukan di wilayah pedalaman dan perbatasan yang disingkat Sipelanduk Kilat.

Baca juga:  

Selain itu, Pemprov Kalimantan Utara juga menyediakan layanan terpadu yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama serta Kemenag untuk mendapatkan informasi mengenai sidang Isbat, penerbitan buku nikah dan berbagai dokumen lainnya. Melalui inovasi ini, masyarakat pedalaman bisa mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan lebih efektif, efisien dan bebas pungli.

 Baca juga: Pantun Mendes: Lewat Gelaran KDI MNC Portal, Tercipta Pemimpin Daerah yang Handal

Sedangkan inovasi yang dibuat Pemprov Kalimantan Tengah yang nahkodai Gubernur Sugianto Sabran yakni, Tokokaltengberkah.com. Pemprov Kalimantan Tengah bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berhasil meluncurkan produk e-Commerce tokokaltengberkah.com. 

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 300 perajin, pelaku usaha kecil dan menengah serta UMKM telah masuk dalam binaan Dekranasda. Inovasi ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendorong pelaku UKM agar bisa memperluas jaringan pemasaran secara online, baik dalam skala lokal, nasional hingga internasional. 

Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapat anugerah KDI 2022 kategori ekonomi atas inovasi Eko-Tren. Ini merupakan program pengembangan ekonomi masyarakat berbasis pesantren dengan konsep one pesantren, one produk. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tiga pilar. Yakni, pemberdayaan pesantren, pesantren preneur dan alumni sosiopreneur. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat penghargaan KDI 2022 atas inovasi UMKM digital ekonomi. Pemprov Jawa Barat terus mendorong digitalisasi terhadap bisnis para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). Terobosan yang dilakukan antara lain melalui UMKM Jabar Juara yang memberikan pendampingan, pelatihan, perizinan, penyediaan infrastruktur dan lainnya. Tujuannya untuk mewujudkan ekosistem digital dan membuka peluang bagi UMKM maupun koperasi untuk mengambil bagian dalam pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemda Provinsi Jawa Barat.

Komisaris Utama MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna memberikan apresiasi kepada kepala daerah penerima anugerah KDI 2022. "Kami mengapresiasi terobosan dan inovasi yang dilakukan para kepala daerah untuk memajukan daerah masing-masing," ucapnya.

Agung mengatakan, lebih dari 22 tahun banyak masalah yang dihadapi oleh pemerintah daerah maupun masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan dan inovasi.

"Hari ini kita akan menghadirkan para kepala daerah para bupati dan walikota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan utamanya adalah kualitas pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution mengatakan, anugerah kepala daerah inovatif merupakan kegiatan MNC Portal yang digelar secara rutin sejak 2017 silam. "Kami akan melakukan hal ini ke depan terus-menerus dengan tujuan untuk memberikan semangat dan juga menambah persaingan di antara para kepala daerah untuk lebih berinovasi untuk membangun daerah masing-masing. Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi Bapak Ibu sekalian para gubernur, Bupati dan Walikota," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini