Share

Intip, 5 Jenderal TNI Indonesia yang Juga Jago Nyanyi

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 22 September 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 337 2672496 intip-5-jenderal-tni-indonesia-yang-juga-jago-nyanyi-HWGxsKUrO0.jpg Salah Satu Jenderal yang Suka Bernyanyi (Foto: Okezone)

JAKARTA- 5 Jenderal TNI Indonesia yang juga jago nyanyi menarik untuk diulas. Pasalnya menyanyi menawarkan kesehatan fisik, mental, bahkan spiritual.

Menyanyi juga melibatkan otot di sekitar perut, tulang rusuk, dan punggung. Kegiatan kecil ini bisa melatih otot-otot pernapasan Anda.Saat menyanyi, seseorang akan memperoleh banyak oksigen. Menyanyi merupakan latihan fisik yang baik untuk leher, tenggorokan, rahang, serta otot wajah. Hal ini membuat para jendral ada yang hobi bernyanyi.

Berikut 5 Jenderal TNI Indonesia yang juga jago nyanyi menarik diulas:

1. Wiranto

Wiranto yang merupakan ketua partai Hanura ini memang hobi bernyanyi. Pria kelahiran Yogyakarta 71 tahun itu pernah menyanyi didampingi beberapa seniman. Wiranto menyanyikan lagu Campursari berjudul "Nyidam Sari" yang dipopulerkan oleh maestro Campursari asal Gunung Kidul, Yogyakarta, Manthous.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Mantan Presiden keenam Indonesia ini memiliki hobi bernyanyi.  Saat d acara perayaan 16 tahun Partai Demokrat  presiden keenam RI itu bernostalgia dengan kembali melantunkan lagu dari band lawas yakni Koes Plus.SBY meminta pemain musik mengiringi lagu 'Bujangan'. Kala menyanyikan lagu tersebut, ia sedikit mencelotehkan candaan kepada para kader Demokrat. Sebab di lagu ini ada bagian yang mengingatkan kepada orang-orang yang sedang kekurangan uang, dan SBY menyebut hal tersebut.

3. Moeldoko

Panglima TNI ke-15, Moeldoko, ditantang Punakawan untuk bernyanyi Jawa dalam peringatan HUT 107 Wayang Orang Sriwedari. Hingga akhirnya dirinya menampilkan suara merdunya meskipun berpangkat Jenderal. 

4. Gatot Nurmantyo

Dia dalah mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Sebelumnya, Gatot merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai menjabat sejak tanggal 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman. Serta  pernah menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letnan Jenderal TNI Muhammad Munir.

Dalam kiprahnya sebagai Jenderal TNI, Gatot pandai bernyanyi. Beberapa lagu dari Iwan Fals dinyanyikan.

5. Hadi Tjahjanto

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menujukkan kemampuan bernyanyinya usai olahraga bersama TNI-Polri. Bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito, Hadi menyanyikan tembang hits Chrisye yang berjudul 'Cintaku'.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini