Share

Tim PPHAM Akan Rapat Bahas Program Prioritas Bersama Menkopolhukam

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 22 September 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 337 2672450 tim-ppham-akan-rapat-bahas-program-prioritas-bersama-menkopolhukam-xpvQSclA6E.jpg Ketua Tim PPHAM, Makarin (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Tim Pelaksana Penyelesaian Nonyudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (PPHAM) masa lalu, Makarim Wibisono menyebutkan pihaknya akan melaksanakan rapat akhir pekan ini di Surabaya, Jawa Timur.

Rapat tersebut kata Makarim Wibisono dimaksudkan untuk membahas program prioritas pasca ditunjuk oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia masa lalu.

"Pada 24 dan 25 kita akan berkumpul di Surabaya untuk membicarakan program-program yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut juga akan diikuti Menkopolhukam," ujar Makarim Wibisono, saat dikonfirmas, Kamis (22/9/2022).

 BACA JUGA:Makarim Wibisono, Mantan Dubes untuk PBB yang Ditunjuk Jadi Ketua PPHAM

Ia mengungkapkan, pihaknya akan merumuskan lebih lanjut terkait berbagai penanganan pelanggaran HAM di masa lalu.

"Kita akan merumuskan apa yang akan kita laksanakan dan capai dalam rangka melaksanakan Kepres nomor 17 tadi. Bagaimana kita bisa menghadapi persoalan ini secara sistematis atau beruntun," kata Makarim.

Lebih lanjut ia menyebutkan rencana kerja dari tim PPHAM akan diproses segera.

 BACA JUGA:Jokowi Tunjuk Makarim Wibisono Jadi Ketua Tim Pelaksana PPHAM, Ini Formasi Lengkapnya

"Kita siapkan logistik arah sekretariat apa yang dibutuhkan kita agar beroperasi. Kita punya dokumen Komnas HAM, mengenai masalah pelanggaran HAM masa lalu. Kita akan menyoroti terkait data-data tersebut untuk bisa ditindaklanjuti," terangnya.

Ia mengungkapkan, berbagai laporan dari Komnas HAM tersebut nantinya akan ditelaah lebih lanjut oleh pihaknya.

"Kita harus memiliki sikap yang sama dari report tadi yang sudah dikirim ke Kejaksaan Agung tapi Dikembalikan karena tidak cukup Bukti. Kita mencoba mencari apa-apa yang bisa terkait untuk menyelesaikan persoalan HAM di masa lalu," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Makarim Wibisono sebagai ketua Tim PPHAM. Tim PPHAM ini berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Keanggotaan Tim Pelaksana PPHAM diatur pada Pasal 7 Keppres tersebut. Berikut susunannya:

Ketua: Makarim Wibisono

Wakil Ketua: Ifdhal Kasim

Sekretaris: Suparman Marzuki

Anggota:

-Apolo Safanpo

-Mustafa Abubakar

-Harkristuti Harkrisnowo

-As'ad Said Ali

-Kiki Syahnakri

-Zainal Arifin Mochtar

-Akhmad Muzakki

-Komaruddin Hidayat

-Rahayu

Tim pelaksana mempunyai tugas melakukan pengungkapan dan upaya penyelesaian non-yudisial pelanggaran hak asasi manusia yang berat di masa lalu berdasarkan data dan rekomendasi yang ditetapkan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) hingga tahun 2020.

Masa kerja Tim PPHAM mulai berlaku sejak ditetapkannya Keputusan Presiden ini sampai dengan tanggal 31 Desember 2022. Masa kerja Tim PPHAM dapat diperpanjang dengan Keputusan Presiden.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini