Share

Lebih Dalam soal Bjorka, Ini Asal Usul Namanya

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 21 September 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2672106 lebih-dalam-soal-bjorka-ini-asal-usul-namanya-9kpwArKf9q.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

NAMA Bjorka belakangan ini mengusik media sosial pagi-malam. Bahkan, kemunculan Bjorka di internet membuat gaduh banyak pihak, termasuk kepolisian yang kini masih terus mencari siapa sesungguhnya Bjorka.

Bjorka pertama kali muncul ke media sosial membocorkan data pelanggan Tokopedia pada April 2020. Data disebar Bjorka di situs berbagi bocoran breached,to. Data tersebut antara lain user ID, password hash, email, hingga nomor telepon.

Namun yang paling gempar adalah Bjorka membocorkan 105 juta data kependudukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 6 September 2022. Sejak saat itu perhatian banyak diberikan untuk Bjorka.

Mendapatkan panggung dari publik, Bjorka kembali berulah dengan membocorkan data pribadi dua menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Popularitas Bjorka kembali mencuat saat beberapa orang diduga adalah Bjorka, sampai ada pria di Madiun yang dianggap Bjorka. Lantas, siapa Bjorka?

Belum ada yang bisa memastikan siapa Bjorka hingga saat ini. Para pakar dengan segala analisis yang dimiliki pun belum bisa memastikan siapa Bjorka sesungguhnya.

Tapi, tahukah Anda bahwa Bjorka itu sebetulnya nama dari penyanyi populer? Jika Anda mencari tahu di internet, Bjorka berasal dari kata Bjork, yang mana dia adalah penyanyi Islandia yang lahir pada 21 November 1965.

Bjork si penyanyi ini punya nama asli Björk Guðmundsdóttir. Dia dikenal publik karena memiliki jangkauan vokal tiga oktaf yang berbeda dengan penyanyi lain, pun karakter suara yang sangat khas.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Keterkaitan antara Bjorka si hacker dengan Bjork penyanyi pun ada di foto yang dijadikan profile picture Bjorka si hacker. Di akun si Bjorka, terlihat di sana wajah Bjork yang diambil dari cover album Utopia.

Entah apa maksud dari Bjorka si hacker menggunakan foto cover album Bjork 'Utopia', tapi yang jelas mungkin ini ada kaitannya dengan penggunaan nama yang dipakai si hacker.

Bjork sendiri punya arti nama 'Pohon Birch'. Pohon ini digambarkan memiliki kulit kayu yang halus dan cabang tipis yang tumbuh di negara utara Eropa.

Kata Bjork merupakan kata yang banyak digunakan oleh orang-orang Swedia. Pada umumnya, orang-orang di negara tersebut menggunakan kata Bjork sebagai nama keluarga.

Di Indonesia sendiri, nama Bjorka ada di Kartu Keluarga pasangan artis Ringgo Agus dan Sabai Dieter Morscheck. Ya, anak pertama mereka diberi nama Bjorka Dieter Morscheck yang lahir pada 24 Februari 2016.

So, apa nih teori Anda mengenai Bjorka? Benarkah dia orang Indonesia?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini