Share

Sejumlah Petunjuk dari Identitas Hacker Bjorka

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2672075 sejumlah-petunjuk-dari-identitas-hacker-bjorka-fceWXqCFpV.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Sosok Bjorka menjadi sorotan masyarakat Indonesia belakangan ini. Pasalnya hacker tersebut sudah mengacak-acak sederet data yang dikelola oleh banyak perusahaan, termasuk juga perusahaan plat merah milik pemerintah.

Bjorka pertama kali mencuat setelah ia membocorkan data PLN, IndiHome, KPU, hingga 1,3 miliar data pendaftar kartu SIM. Ia semakin tenar setelah menabuh genderang perang dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Lantas siapa Bjorka sebenarnya? Dari mana asalnya? Berikut adalah petunjuk-petunjuk identitas hacker Bjorka seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022).

Identitas Bjorka sempat diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Walaupun tidak dibeberkan secara gamblang, dikatakan bahwa Bjorka adalah sosok yang tidak berbahaya.

Menko Polhukam Mahfud menyebut Bjorka Bjorka tidak memiliki kemampuan untuk membobol data-data rahasia yang bisa membahayakan negara. Ia hanya bisa menyebarkan data-data yang sifatnya umum.

Baca juga: Tersangka Kasus Bjorka Wajib Lapor 2 Kali Seminggu ke Polres Madiun

“Ini data-data umum yang sifatnya perihal surat-surat umum. Motifnya juga politik, jual-beli, ekonomi, dan sebagainya. Ini tidak terlalu membahayakan. Mungkin sifatnya hanya sekadar peringatan bahwa sistem kami masih bisa dibobol,” kata Mahfud MD.

Baca juga: Hacker Bjorka Sindir Akun Palsu, Kembali Tebar Teror

Seorang ahli cyber defense, Gildas Deograt Lumy juga mengungkap siapa Bjorka sebenarnya. Dalam podcastnya bersama Deddy Corbuzier, ia menduga bahwa Bjorka adalah orang Indonesia dan bukanlah sosok peretas 1,3 miliar data.

"Saya pribadi juga berkesimpulan paling tidak orang Indonesia," ungkap Gildas.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Selain itu, pakar siber, Ismail Fahmi juga menyoroti identitas Bjorka yang ia curigai merupakan warga Indonesia. Kecurigaannya berdasarkan pada gaya bahasa Inggris yang digunakan oleh sang hacker yang menurutnya kurang natural.

“Sampeyan kalau marah dan kesal, coba gunakan bahasa slang English khas Poland. Biasanya ada fck fcknya gituuu… Jangan pake bahasa engres yang baik dan benar,” cuit Ismail Fahmi.

Meski demikian, Bjorka sendiri sempat mengaku bahwa ia berasal dari Warsawa, Polandia. Ia juga pernah mengatakan bahwa memiliki teman dekat yang bekerja di lingkungan Istana.

Hal ini ia sampaikan ketika mengumumkan kabar bahwa Presiden Jokowi akan segera menggeser posisi Johnny G. Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) karena dinilai tidak kredibel dalam memimpin lembaga tersebut.

"Saya menerima informasi dari teman yang bekerja di Istana bahwa Mr Presiden akan segera mengganti Menteri komunikasi dan Teknologi Informasi, Johnny G Plate. Bagus, Pak Presiden! Pastikan penggantinya adalah orang yang Tech-Savvy, bukan orang dari partai, politik atau ABRI, karena semua itu tidak ada bedanya," cuit Bjorka di Breached Forums.

Hingga saat ini identitas pasti hacker Bjorka masih misteri. Kita tunggu saja apakah identitas Bjorka bisa benar-benar terungkap.

Baca juga: Kasus Bjorka, Polri Buka Peluang Gandeng Pihak Luar Negeri

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini