Share

Burhanuddin Pertanyakan Keluarga Bharada E Terganggu Atas Gugatannya

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 21 September 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2672052 burhanuddin-pertanyakan-keluarga-bharada-e-terganggu-atas-gugatannya-7YG1TaVeek.jpg Bharada E (Foto: Antara)

JAKARTA - Eks kuasa hukum Bharada E, Burhanuddin mempertanyakan kebenaran pernyataan pengacara Bharada E, Ronny Talapessy kalau keluarga Bharada E merasa terganggu atas gugatannya itu ke PN Jakarta Selatan.

"Tak masuk di akal, keluarga Bharada E ini kan sebenarnya dilindungi begitu kami di LPSK, dia dilindungi oleh tim dari Mabes Polri, saya heran bagaimana sampai seorang pengacara itu bisa sampai belum jadi pengacaranya Bharada E, bisa berkomunikasi dengan keluarga Bharada E, ini kan jadi tanda tanya," ujar Burhanuddin pada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, keluarga Bharada E sejatinya dilindungi secara ketat dan diproteksi sebingga tak bisa berhubungan dengan siapa pun, termasuk pengacara Bharada E. Maka itu, dia heran bagaimana bisa menyampaikan kalau keluarga Bharada E terganggu atas gugatannya itu, sedangkan pengacara barunya itu diyakininya belum pernah bertemu keluarga Bharada E.

"Jadi, ini bahasa-bahasa mencoba menjustifikasi tindakan pemberian kuasa itu benar, padahal dari sudut kami, keluarga Bharada E tidak pernah berhubungan dengan orang lain karena dia dilindungi begitu, Bharada E menjadi justice collaborator, keluarga itu dilindungi, tidak bisa berhubungan dengan siapa pun," tuturnya.

Baca juga: Eks Pengacara Bharada E Akui Tak Ada Perjanjian Hukum Mengikat dengan Kliennya

Dia menilai bahwa pernyataan Ronny terkait keluarga Bharada E tak nyaman dengan gugatannya itu sejatinya hanyalah sebuah pembenaran belaka. Dengan begitu, pencabutannya sebagai kuasa hukum Bharada E seolah dilakukan dengan benar dan sesuai aturan.

Baca juga: Soal Gugatan Deolipa, Begini Kata Pengacara Bharada E

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Burhanuddin menambahkan, gugatannya ke PN Jaksel itu dilakukan untuk membuat terang apa landasan pencabutannya sebagai kuasa hukum Bharada E. Padahal, posisi advokat itu memiliki kode etik dan dilindungi undang-undang sehingga tak sepatutnya diperlakukan secara semena-mena.

"Ini terkait posisi sebagai advokat, yang dilindungi dan ada kode etik, ada undang-undangnya, mereka sejajar dengan hakim, jaksa, penyidik sehingga gugatan ini poinnya jangan sepelekan profesi advokat ini," katanya.

Baca juga: 4 Tokoh Kontroversial yang Pernah Dilindungi LPSK, dari Bharada E hingga Roy Suryo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini