Share

Ini 3 Lokasi Pembantaian PKI di Jawa Timur, Terkenal Angker!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 21 September 2022 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2672041 ini-3-lokasi-pembantaian-pki-di-jawa-timur-terkenal-angker-zhZEgCl5am.jpg Monumen Kresek (FOto : Sindonews)

PEMBANTAIAN G30S PKI menjadi satu sejarah kelam di Indonesia. Lokasi pembantaian PKI sampai saat ini terkenal dengan tempat yang mistis atau angker.

Di antara sejumlah lokasi di Indonesia, ada sejumlah tempat yang paling melekat cerita mistisnya berada di Jawa Timur. Berikut ini di antarnya:

1. Monumen Kresek

Gerakan PKI di Madiun membantai ribuan nyawa di sebuah perbuktikan yang terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Diperkirakan 2.000 warga sekitar Monumen Kresek, Madiun, dibunuh orang yang dianggap simpatisan PKI.

Untuk mengenang peristiwa kelam itu, telah dibangun sebuah tetenger yang diberi nama Monumen Kresek pada tahun 1987 dan selesai pada 1991.

Monumen keganasan PKI ini berdiri di atas lahan 3,5 hektar. Monumen tersebut diresmikan pada 1991 oleh Gubernur Jawa Timur Soelarso. Ketika memasuki pintu monumen, nampak patung besar yang terdiri dari dua orang yang satu posisi memenggal dan yang satunya duduk seolah posisi siap dipenggal.

Konon patung itu menggambarkan Muso yang sedang memenggal Kiai Husein.

2. Coban Talun

Air terjun Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Airnya berasal dari Sungai Brantas yang masuk ke dalam kawasan hutan lindung.

Di balik keindahannya, ternyata Coban Talun dulunya tempat pembuangan jenazah para pemberontak yang terlibat pada peristiwa G30S/PKI di Malang. Tapi kemudian tempat ini dibersihkan dan dijadikan objek wisata yang menarik siapa saja untuk mengunjunginya.

3. Waduk Karangkates

Keindahan Waduk Karangkates di kala senja membuat wisatawan gemar berhenti sejenak di tepian waduk untuk melihatnya.

Namun di tempat itu, ternyata korban pembantaian dibuang ke aliran sungai yang mengarah pada waduk. Konon kabarnya, sering muncul bau anyir yang menandakan adanya makhluk halus di Waduk Karangkates di Malang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini