Share

KPK Arsipkan Laporan Dugaan Suap Ferdy Sambo

Martin Ronaldo, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2671922 kpk-arsipkan-laporan-dugaan-suap-ferdy-sambo-qyBqQiHXcx.jpg Ferdy Sambo (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengarsipkan laporan mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo terkait dugaan suap dalam kasus kematian Brigadir J beberapa waktu lalu.

Alasannya, laporan tersebut belum ditemukan adanya perbuatan tindak pidana dalam laporan tersebut.

"Kami hanya ingin menjelaskan, artinya kalau kemudian laporan itu diarsipkan, itu maksudnya adalah sejauh ini memang kemudian belum ditemukan adanya peristiwa pidana, belum ditemukan perbuatan-perbuatan yang ngarah ke pidana," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Ali pun menerangkan, laporan tersebut bisa saja nantinya dilakukan verifikasi ulang apabila memang ditemukan adanya perbuatan tindak pidana.

"Misalnya diarsipkan itu artinya tidak ditutup, tidak selesai. Ketika kemudian ada informasi baru, ya pasti kemudian kami verifikasi ulang, kami telaah ulang, kami pengayaan informasi ulang," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK menindaklanjuti laporan dugaan upaya suap yang dilakukan Irjen Ferdy Sambo kepada petugas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan mengklarifikasi keterangan dari petugas LPSK, hari ini.

"Informasi yang kami peroleh benar, atas undangan KPK. Yakni terkait koordinasi untuk menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat ke KPK," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin 22 Agustus 2022.

Ali memastikan bahwa setiap pengaduan atau laporan yang masuk ke KPK, akan ditindaklanjuti secara proaktif melalui proses-proses sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan permintaan keterangan dari petugas LPSK, KPK berharap laporan tersebut nantinya menjadi jelas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini