Share

Wapres Minta Polisi Antisipasi Global Megatrends

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 21 September 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2671868 wapres-minta-polisi-antisipasi-global-megatrends-QGBgZOxEyF.png Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin meminta institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengantisipasi global megatrends yang mencakup berbagai tren yang terjadi dalam skala besar, mempengaruhi banyak orang di Indonesia pada masa depan.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat menghadiri kegiatan Seminar Sekolah Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg Ke-31 dan Sespimmen Polri Dikreg Ke-62 T.A. 2022 di Gedung Tribrata Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2022).

"Setiap negara berjuang untuk memperoleh kemajuan dalam segala bidang, termasuk di bidang ekonomi. Kemajuan tersebut tidak bisa dicapai tanpa ada keamanan dan ketertiban. Oleh karena itu, penyelenggaraan keamanan dan ketertiban menjadi syarat inti kemajuan bangsa," ujar Ma'ruf Amin.

Salah satu pilar penopang keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat kata Wapres adalah institusi Kepolisian. Kepolisian disebutkannya menjadi titik pijak penyelenggaraan ketertiban sosial yang merupakan landasan pokok stabilitas ekonomi dan politik.

"Dewasa ini dunia menghadapi tantangan yang tidak ringan dan perubahan yang cepat. Apalagi pandemi Covid-19 dan peristiwa global lainnya semakin mempercepat proses perubahan. Kebijakan negara dalam menangani persoalan saat ini maupun dalam merumuskan masa depan, mau tidak mau akan terpengaruh oleh aneka peristiwa global tersebut," kata Ma'ruf Amin.

Masa depan kata Ma'ruf memang sulit untuk diprediksi secara akurat. Namun Global Megatrends memberikan gambaran tentang bagaimana lingkungan strategis internasional dan nasional di masa depan yang akan menjadi pijakan dalam merumuskan kebijakan.

"Seperti yang dapat kita lihat dari namanya, Global Megatrends mencakup berbagai tren yang terjadi dalam skala besar, mempengaruhi banyak orang, negara dan Kawasan, bahkan seluruh dunia. Megatren berskala global ini antara lain adalah perubahan iklim, kemajuan teknologi yang dahsyat, dan urbanisasi," terang Wapres Ma'ruf Amin.

Peristiwa-perisitiwa global tersebut kata dia mesti dicermati dan disikapi secara sigap oleh Kepolisian. Terkait pesatnya kemajuan teknologi, misalnya, serangan siber menjadi ancaman yang menyertai.

Megatren lainnya yang diungkapkan Wapres adalah meningkatnya urbanisasi di berbagai kota di dunia, termasuk di Indonesia. Pada tahun 2022, penduduk yang tinggal di kawasan perkotaan di Indonesia telah mencapai 56%. Bank Dunia memproyeksikan 70% populasi Indonesia akan menetap di kota-kota pada tahun 2045.

Urbanisasi itu kata Ma'ruf Amin akan memunculkan persoalan baru di perkotaan yang berdampak pada pelayanan publik dan ketertiban sosial. Permasalahan yang dapat terjadi, misalnya adalah meningkatnya kriminalisasi, ancaman terorisme, kejahatan narkotika, kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya.

"Tren global yang akan turut membentuk masa depan bangsa perlu diantisipasi oleh jajaran Kepolisian. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menekankan beberapa hal yang dapat ditindaklanjuti," tutup Ma'ruf Amin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini