Share

WHO Prediksi Fase Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Ini Kata IDI

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 21 September 2022 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 337 2671661 who-prediksi-fase-pandemi-covid-19-segera-berakhir-ini-kata-idi-PQ410sibwg.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru-baru ini memprediksi fase pandemi Covid-19 segera berakhir atau menjadi endemi. Bahkan, Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan akhir pandemi sudah di depan mata.

“Jadi memang WHO beberapa saat yang lalu menyampaikan bahwa pandemi ini sudah di ujung nih, kita akan segera bebas dari pandemi atau endemi berakhir, tetapi tentu saja bukan berarti penyakitnya tidak ada,” kata Ketua Satgas Covid PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan dikutip dari Youtube BNPB, Rabu (21/9/2022).

BACA JUGA:Sebaran 2.518 Kasus Covid-19 Hari Ini, DKI Jakarta Tertinggi 

Erlina mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bebas dari pandemi Covid-19. “Salah satu upayanya adalah melihat angka yang terus menurun, ini kita selalu mengatakan dulu bahwa kurva penurunan ini (sudah) flat, itu dari segi kasusnya,” katanya.

 

Kemudian, kata Erlina, angka kematian akibat Covid-19 juga harus rendah. “Dan yang penting adalah ada kondisi dimana masyarakat juga mempunyai kekebalan yang cukup kalau kemudian ada virus yang yang masuk, nah itu bisa didapatkan dari vaksinasi,” ujarnya.

“Jadi memang kondisi penularan yang menurun, angka konfirmasi yang rendah, kematian yang rendah dan cakupan vaksinasi yang tinggi ini akan membuat kita segera bisa meninggalkan pandemi ini, mudah-mudahan menjadi endemi,” kata Erlina.

BACA JUGA:Breaking News! Kasus Covid-19 di Indonesia Hari Ini Bertambah 2.518 Kasus, Meninggal 15 Orang 

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Meskipun kata Erlina, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Indonesia. “Tapi ini PR ya buat kita, karena kalau angka (kasus) menurun sudah, dulu tahun lalu 2021 saat Delta naik sekali dengan angka kematian juga sangat tinggi, saya ingat pernah satu hari ada yang meninggal sampai 2.000-an,” tuturnya.

“Sekarang dengan Omicron yang memang kebetulan gejalanya ringan, tingkat keparahannya tidak seberat Delta, ini memang angka kematian tidak setinggi dulu. Bahkan, semakin turun nih, walaupun sebetulnya angka Indonesia itu masih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata dunia,” katanya.

Erlina menegaskan, agar prediksi dari WHO yakni pandemi Covid-19 segera berakhir maka harus mengupayakan kasus tidak banyak, angka kematian menurun, kemudian cakupan vaksinasi yang tinggi.

“Jadi upaya kita agar kita bisa sesuai dengan prediksi, kan ini prediksi, sesuai dengan prediksi WHO ini kita harus upayakan jangan banyak kasusnya, angka kematiannya turun dan flat, kemudian juga cakupan vaksinasi yang tinggi dalam upaya agar kasusnya semakin turun," tuturnya.

“Jadi kalau ini kita bisa lakukan mudah-mudahan Indonesia bisa ke arah situ (endemi),” pungkas Erlina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini