Share

Soekarno Jatuh Cinta kepada Fatmawati, Ini Penyesalan Terdalam Inggit

Dhea Alvionita, Okezone · Selasa 20 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 337 2671243 soekarno-jatuh-cinta-kepada-fatmawati-ini-penyesalan-terdalam-inggit-dq63EhU1yj.jpg Presiden Soekarno dan Inggit. Foto: Arsip Sejarah/Sampoer Merah

JAKARTA - Membangun ikatan pernikahan selama 20 tahun bukanlah hal yang singkat dan mudah. Pernikahan Soekarno dan Inggit mulai diterpa kehancuran karena Soekarno kembali jatuh cinta kepada Fatmawati.

Di Bengkulu lah awal mula Soekarno jatuh hati kepada gadis cantik bernama Fatmawati. Ayah Fatmawati adalah Hasan Din selaku teman Soekarno, dia juga bekerja sebagai pengurus Muhammadiyah.

 BACA JUGA:Selain Didemosi Terkait Kasus Brigadir J, Briptu Sigid Mukti Diminta Ikuti Pembinaan

Dikutip dalam buku "Soekarno Fatmawati", Inggit memang sudah merasa bahwa suaminya akan jatuh hati lagi kepada gadis cantik. Hingga Inggit mengetahui bahwa suaminya sudah menjalin kisah cinta baru bersama Fatmawati.

Lantaran pada pernikahannya dengan Inggit tak memiliki anak. Secara terang-terangan Soekarno mengatakan bahwa dirinya akan menikahi Fatmawati dengan alasan keturunan.

 BACA JUGA:Taliban: AS dan Afghanistan Barter Tahanan Usai Negosiasi Panjang

Mengetahui hal tersebut, Inggit menerimanya karena itu merupakan satu-satunya yang tidak bisa diberikan olehnya kepada Soekarno. Tampaknya, Soekarno tidak berniat untuk menceraikan Inggit melainkan untuk meminta restu agar bisa menikah untuk ketiga kalinya.

Soekarno berkata bahwa dia tidak tega terhadap Inggit karena dirinya terlalu baik untuk diceraikan. Namun, Soekarno sangat menginginkan memiliki anak dari keturunannya.

Tak ingin dimadu, akhirnya Inggit dan lebih memilih untuk bercerai dari Soekarno daripada harus dimadu.

"Aku orang Banjaran dari keluarga yang pantangannya adalah dimadu dalam keadaan bagaimanapun. Sudah aku jelaskan, kalau mau mengambil dia, ceraikanlah aku! Aku pantang dimadu!" kata Inggit dengan sangat menentang.

Di tengah masa kegalauan hatinya, Inggit tetap melayani Soekarno dengan sepenuh hati. Perasaan penyesalannya dan kekecewaannya ditulis dalam bentuk surat dan dikirimkannya kepada Ratna Djuami, anak angkatnya yang sedang bersekolah di Taman Siswa, Yogyakarta.

Dalam suratnya yang ditulisnya, Inggit mengungkapkan penyesalannya karena sudah menerima Fatmawati untuk tinggal di rumahnya bersama Soekarno hingga membuat suaminya jatuh cinta lagi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini