Share

Mengenal Moersjid, Jenderal Pemarah yang Sangat Disegani Soekarno

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 20 September 2022 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 337 2670989 mengenal-moersjid-jenderal-pemarah-yang-sangat-disegani-soekarno-IGcPCcxHfz.jpg

JAKARTA- Mengenal Moersjid, jenderal pemarah yang sangat disegani Soekarno menarik untuk dibahas. Tragedi pilu G30S menyebabkan beberapa jenderal tumbang dalam lubang buaya.

Salah satunya adalah Letjen TNI Ahmad Yani yang saat itu menjabat sebagai Menteri/Panglima AD (Menpangad). Secara struktural, karena Letjen TNI Ahmad Yani telah tiada maka harus ada penggantinya. Saat itu, Mayor Jenderal Moersjid yang saat itu menduduki posisi kedua setelah Letjen TNI Ahmad Yani seharusnya yang naik ke kursi tersebut.

Sayangnya, hal tersebut ditentang oleh Presiden Soekarno lantaran Moersjid dianggap sosok yang pemarah.Lantas, siapa itu Moersjid? Mari mengenal Moersjid, jenderal pemarah yang sangat disegani Soekarno.

Mayor Jenderal Moersjid merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang lahir di Jakarta pada 10 Desmeber 1924, namun menurut keluarganya Moersjid lahir pada 1925. Ia terlahir dari pasangan Alip Kartodarmodjo yang merupakan warga Bagelen, Jawa Tengah, dengan Djawahir yang merupakan waga asli Betawi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Ia memiliki tinggi 185 cm dengan berat 120 kg. Karir Moersjid dalam dunia tentara berawal saat dirinya menjadi salah satu anggota tentara PETA. Saat itu ia berdinas di Bogor dengan pangkat shodanco atau bisa dikatakan setara dengan komandan peleton.

Moersjid sempat mengawal rombongan rakyat sipil dari Jawa Barat ke Blitar, Jawa Timur, pada saat revolusi fisik. Disanalah ia akhirnya bertemu seorang gadis dari Banten, yaitu Siti Rachma. Kemudian, tak lama setelah itu Siti Rachma resmi menjadi istri dari Moersjid.

Setelah Indonesia merdeka, Moersjid rupanya bernasib mujur. Karirnya kian melesat hingga berpangkat Mayor dan menjadi komandan resimen Divisi Siliwangi. Namanya mulai melejit saat ia kerap bekeraja sama dengan Ahmad Yani.

Keduanya pernah turun tangan dalam memadamkan perlawanan di daerah bergejolak dengan melakukan operasi untuk melumpuhkan pemberontak.

Salah satu fakta unik dari Mayor Jenderal Moersjid adalah saat masih bertugas ia kerap merancang strategi serta menyusun rencana operasi dengan menganalisis topografi. Hal ini membuatnya kerap bersinggungan dengan peta-petah hingga tidur bersama peta-peta tersebut. Hal ini terus ia lakukan hingga Mayor Jenderal Moersjid pensiun.

Demikian informasi mengenai Mengenal Moersjid, Jenderal Pemarah yang Sangat Disegani Soekarno. Meski dikenal pemarah, ia merupakan salah satu jenderal yang memiliki loyalitas tinggi bagi bangsa ini.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini