Share

Mahfud MD Sebut Masalah Hacker Bjorka Urusan Kecil

Irfan Maulana, MNC Portal · Senin 19 September 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 337 2670583 mahfud-md-sebut-masalah-hacker-bjorka-urusan-kecil-eiM8Da95Eg.jpg Menko Polhukam, Mahfud MD (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD menyebutkan hacker yang mengacak-acak data pemerintah, Bjorka adalah urusan kecil.

Hal itu Mahfud sampaikan saat menjawab pernyataan wartawan soal upaya yang dilakukan pemerintah terkait Bjorka di kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022).

"Udah lah, yang lain aja. Urusan kecil begitu kamu besar besarkan. Itu enggak ada apa-apa," ujarnya saat jumpa pers kasus dugaan korupsi Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe.

 BACA JUGA:Siapa Sosok di Balik Bjorka, Polri: Kita Tak Bisa Berandai-andai

Diketahui, Bjorka merupakan Hacker yang saat ini tengah diburu kepolisian karena telah menyadap data pemerintah dan disebarkan melalui internet.

Sejumlah pejabat pun telah menjadi korbannya, mulai dari Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menteri BUMN Erick Thohir yang data pribadi disebarluaskan.

 BACA JUGA:Ditetapkan Tersangka Kasus Bjorka, Pemuda Madiun Mengaku Dibayar USD100

Follow Berita Okezone di Google News

Bjorka juga telah mengungkapkan pembunuh aktivis HAM, Munir. Sampai saat ini, keberadaan Bjorka masih misterius. Melalui akun Twitter-nya Bjorka merupakan bertempat tinggal di Polandia.

Dia mengetahui permasalahan di Indonesia karena memiliki teman yang merupakan warga negara Indonesia di Polandia. Namun, polisi sudah mengamankan beberapa orang yang diduga terlibat. Hasil penangkapan tersebut, 1 orang kini telah menjadi tersangka.

Dia adalah MAH, pemuda yang diduga terlibat dalam membantu penyebaran data pribadi yang diunggah Bjorka melalui saluran forum dan telegram. MAH, pemuda asal Madiun, Jawa Timur ini berperan sebagai admin channel Bjorkanism dan menyebarkan data pribadi pejabat di Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini