Share

Ketika Ratna Djuami Menulis Surat untuk Soekarno dan Fatmawati

Dhea Alvionita, Okezone · Senin 19 September 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 337 2670465 ketika-ratna-djuami-menulis-surat-untuk-soekarno-dan-fatmawati-RgbKNCsrmX.jpg Soekarno dan Fatmawati (Foto Ist)

JAKARTA - Soekarno memang terkenal sebagai seorang pemimpin yang dapat memikat para wanita. Pada pernikahannya bersama Inggit, dia tak memiliki anak. Namun, mereka memilih untuk menjadikan Ratna Djuami dan Kartika sebagai anak angkatnya.

Ketika Soekarno dan Inggit harus diasingkan di Bengkulu karena pemikiran dan perjuangannya. Ditengah pengasingan itulah Soekarno bertemu sosok Fatmawati hingga membuatnya jatuh cinta padanya.

Mendengar kabar bahwa Soekarno sudah menjalin cinta bersama Fatmawati. Inggit tak bisa berbuat apa-apa. Sampai akhirnya Soekarno memberitahu kepada Inggit yang saat itu statusnya masih menjadi istrinya bahwa dia akan menikahi Fatmawati.

Dilansir dalam buku Soekarno Fatmawati, Soekarno menemui Inggit untuk memohon restu darinya agar diizinkan menikah kembali. Soekarno juga mengatakan bahwa dirinya ingin memiliki anak dari keturunannya.

Inggit hanya bisa menerima dan merelakan suaminya untuk menikah kembali. Lantaran hal tersebut merupakan satu-satunya yang tak bisa memberikan oleh dirinya. Soekarno tidak bermaksud untuk menceraikan Inggit. Dia hanya meminta izin untuk memadu Inggit.

Mendengar hal tersebut, sebagai orang Banjaran yang berasal dari keluarga yang pantang dimadu bagaimanapun keadaannya. Inggit lebih memilih diceraikan oleh Soekarno daripada harus berbagi suami yang jelas-jelas menginginkan Fatmawati.

Namun, dikala hatinya diterpa kegalauan, Inggit mengungkapkan rasa kekecewaannya melalui surat yang dikirim kepada anak angkatnya yaitu Ratna Djuami yang sedang bersekolah di Taman Siswa, Yogyakarta.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Inggit menuangkan rasa kekecewaan dan penyesalannya karena mau menerima Fatmawati untuk tinggal di rumahnya bersama Soekarno. Hal tersebut kemudian membuat suaminya jatuh cinta lagi.

Dengan demikian, selain membalas surat dari Ibunya. Ratna Djuami juga menulis surat kepada Ayah angkatnya yaitu Soekarno. Dia menumpahkan kemarahannya atas keputusan Ayahnya untuk mendua hati.

Ratna mengetahui bahwa wanita yang ada di hati Soekarno adalah Fatmawati, sahabat karibnya. Oleh sebab itu, karena menunjukkan solidaritasnya terhadap sesama perempuan dan rasa cintanya kepada sang Ibu. Ratna pun juga menulis surat untuk Fatmawati.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini