Share

Siapa Sosok di Balik Bjorka, Polri: Kita Tak Bisa Berandai-andai

Bachtiar Rojab, MNC Media · Senin 19 September 2022 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 337 2670355 siapa-sosok-di-balik-bjorka-polri-kita-tak-bisa-berandai-andai-R3O5ZIkRFD.jpg Ilustrasi (Foto: News24)

JAKARTA - Hadirnya hacker dengan nickname Bjorka terus menjadi teka-teki di kalangan masyarakat. Jagat maya terus mempertanyakan siapa orang di balik akun yang kerap meneror institusi pemerintahan tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, publik kerap mempertanyakan apakah sososk di balik Bjorka merupakan Warga Negara Asing (WNA) atau Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, kata Dedi, pihaknya belum bisa mengungkap hal tersebut.

"Kita tidak bisa berandai-andai, kita bekerja sesuai fakta hukum. Kalau nanti sudah selsai dan diberikan kepada saya baru saya bisa sampaikan," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2022).

Lebih lanjut, Dedi menuturkan meski Polri sudah menetapkan tersangka asal Madiun yang menjadi salah satu orang yang membantu hacker tersebut, akan tetapi pihaknya masih memproses indikasi tersangka dari daerah lain.

Baca juga: Ditetapkan Tersangka Kasus Bjorka, Pemuda Madiun Mengaku Dibayar USD100

"Ya tentunya, kan masih berproses," paparnya.

Sebelumnya, seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur, Muhammad Agung Hidayatulloh (MAH, 21) ditetapkan sebagai tersangka di kasus dugaan peretasan dengan akun Bjorka . Menurut Polri , motifnya adalah agar menjadi terkenal dan mendapatkan uang.

"Motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," kata Jubir Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana kepada awak media, Jakarta Selatan, Sabtu 17 September 2022.

Baca juga: Populer Telco: Cara Intip Chat WhatsApp Pasangan hingga Bjorka Singgung Kasus Sambo

Follow Berita Okezone di Google News

Ade mengungkap, MAH yang bekerja sebagai penjual esjuga berperan sebagai penyedia Channel atas nama Bjorkanism di platform Telegram.

"Peran tersangka bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram dengan nama channel Bjorkanism," katanya.

Baca juga: Bjorka Retas Data Negara, Mobil Listrik Juga Bisa Kena Hack Lho

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini