Share

Polri Pastikan Putusan Sidang Banding Ferdy Sambo Bersifat Final

Riana Rizkia, MNC Portal · Senin 19 September 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 337 2670316 polri-pastikan-putusan-sidang-banding-ferdy-sambo-bersifat-final-h7buUe9QEI.jpg Ferdy Sambo saat rekonstruksi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memastikan bahwa putusan sidang banding mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo bersifat final.

"Banding ini sifatnya final dan mengikat, sudah tidak ada lagi payung hukum," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat jumpa pers di Mabes Polri, Senin (19/9/2022).

Dedi menegaskan bahwa tidak ada lagi payung hukum atas pemecatan tidak hormat Ferdy Sambo. Dedi mengatakan, proses sanksi terhadap Ferdy Sambo karena melanggar etik clear dan tegas.

Sidang banding ini, kata Dedi merupakan merupakan payung hukum terakhir yang ditempuh Ferdy Sambo.

"Ini payung hukum yang terakhir. Jelas harus clear dan artinya tegas," katanya.

Baca juga: Polri Akan Tuntaskan Sidang Banding Ferdy Sambo Hari Ini

Sebagaimana diketahui, sidang banding mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) digelar hari ini.

Waktu pelaksanaan sidang pada Senin, 19 September 2022 pukul 10.00 WIB. Dedi menyebut, sidang tersebut bakal dipimpin oleh Jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen), lalu wakil ketua dan anggota sidang banding adalah 4 pejabat Polri bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Sementara untuk mekanisme sidang banding, kata Dedi, tidak akan dihadiri terduga pelanggar atau pendampingnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sidang nantinya hanya dihadiri perangkat Komisi Banding dan Sekretariat Rowabprof Divpropam Polri," ucapnya.

Dedi menjelaskan, mekanisme tersebut sudah sesuai Pasal 79 Perpol 7 tahun 2022 yang menyatakan bahwa KKEP Banding memeriksa dan meneliti berkas banding.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini