Share

Buka Silatnas Jenggala Center, JK: Ormas Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Irfan Maulana, MNC Portal · Sabtu 17 September 2022 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 337 2669530 buka-silatnas-jenggala-center-jk-ormas-harus-bermanfaat-untuk-masyarakat-AyaYWe51lI.jpg Jusuf Kalla buka silatnas Jenggala Center (Foto: MPI)

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden dua kali Jusuf Kalla membuka acara membuka acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Dia meminta Jenggala Center selain menjadi alat politik juga tetap hadir dan membantu masyarakat.

Jusuf Kalla mengakui bahwa cikal bakal Jenggala Center merupakan organisasi masyarakat yang digerakkan memenangkan pemilu 2004. Namun dengan berkembangnya waktu kini telah memberikan manfaat langsung pada masyarakat.

"Kita sebagai suatu organisasi masyarakat tentunya juga harus bermanfaat melakukan kegiatan sosial ekonomi. Selain jadi tim politik kita juga harus bergerak ke masyarakat untuk kemakmuran masyarakat," kata JK, Jumat (17/9/2022).

Dia juga menjelaskan, bahwa Jenggala Center memiliki jaringan luas yang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Dengan banyaknya jaringan tersebut harus dijadikan menyebar manfaat.

Baca juga: JK Sebut Sudah Bukan Masanya Mendefinisikan Islam Secara Sempit

"Jenggala juga memiliki jaringan luas. Tentu jaringan itu harus bermanfaat. Bukan hanya masa politik tertentu tapi juga bermanfaat pada masyarakat karena kita juga hidup bermasyarakat," jelasnya.

Baca juga: Tarif Mahal, Jusuf Kalla Mengaku Prihatin dengan Situasi di Labuan Bajo

Ibnu Munzir Ketua Umum Jenggala Center mengatakan saat ini eksistensi Jenggala Center tidak hanya saat perhelatan politik. Namun juga sebagai salah satu organisasi yang selalu hadir ditengah masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial.

"Kita aktif melakukan kegiatan vaksinasi dan donor darah di berbagai wilayah ketika pandemi sedang melanda. Itu adalah bentuk kepedulian kami berkontribusi pada negara ini," kata Ibnu.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Di saat ekonomi masyarakat dalam kondisi sulit dilanda wabah Covid, Jenggala Center belanja di pasar tradisional lokal kemudian diberikan di panti asuhan. Hal itu dilakukan untuk memutar ekonomi dengan cara yang sederhana.

"Paling tidak itu membantu sektor ekonomi mereka dengan cara seperti itu," jelasnya.

Ketua Dewan Penasehat Jenggala Center Iskandar Madji mengatakan silaturahmi kali ini dilakukan untuk konsolidasi organisasi dengan Jenggala Daerah.

"Kita selalu menjadi tim sukses pilpres dan alhamdulillah dari tiga kali pilpres kita menang dua kali kalah satu kali. Jadi 2 1. Dan tidak ada organisasi pemenangan seperti Jenggala ini yang berpengalaman," kata Iskandar.

Dalam acara Silaturahmi Nasional tersebut hadir juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan sejumlah tokoh senior politik serta 28 Jenggala Daerah di seluruh Indonesia serta tiga perwakilan di luar negeri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini