Share

Webinar Partai perindo, Pemred Koran Sindo Harap RUU Sisidiknas Lebih Banyak Serap Partisipasi Publik

Nur Khabibi, MNC Portal · Sabtu 17 September 2022 04:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 337 2669309 webinar-partai-perindo-pemred-koran-sindo-harap-ruu-sisidiknas-lebih-banyak-serap-partisipasi-publik-JLo3Nxpfzm.jfif Webinar Partai Perindo (Foto MPI)

JAKARTA - Pemimpin Redaksi Koran Sindo, Pung Purwanto menyoroti Rancangan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) dari perspektif pengelola media. Ia menyebutkan, sebagai pengelola media ia sering mendapatkan respon dari masyarakat terkait proses RUU yang dimaksud.

Dalam respon tersebut, ia menyatakan sejumlah organisasi atau pegiat pendidikan merasa RUU Sisdiknas kurang memenuhi unsur transparansi.

"Pembahasannya itu terkesan hanya melibatkan pihak-pihak yang tidak secara keseluruhan," kata Pung dalam Webinar Partai Perindo, Jumat (16/9/2022).

Yang kedua, ia menyebutkan pembahasan RUU Sisdiknas juga kurang menyerap partisipasi publik. Ia pun menagih janji dari pihak Kemendikbudristek yang menyatakan akan membuka seluas-luasnya masukan dari masyarakat dalam pembahasan RUU tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ia melanjutkan, dengan semakin banyak menyerap aspirasi publik, maka nilai RUU Sisdiknas akan semakin banyak manfaatnya bagi masyarakat. Pembahasannya pun menurutnya tidak perlu tergesa-gesa agar segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan.

"Kita juga tidak bisa buru-buru karena UU ini akan kita bayangkan UU ini bukan untuk dalam waktu 5-10 tahun, ini adalah mengantisipasi masa depan, jadi kalau kita mau mengantisipasi masa depan tentu kita harus sebanyak mungkin memasukkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, termasuk memberi kesempatan kepada publik lebih banyak lagi untu memberi masukan," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini