Share

RUU Sisdiknas, TGB Harap Tidak Hanya Fokus Siapkan Pelajar ke Dunia Kerja

Nur Khabibi, MNC Portal · Sabtu 17 September 2022 03:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 337 2669307 ruu-sisdiknas-tgb-harap-tidak-hanya-fokus-siapkan-pelajar-ke-dunia-kerja-hubZYNgQwx.jfif Webinar Partai Perindo (Foto MPI)

JAKARTA - Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. Muhammad Zainul Majdi, LC. MA mendukung adanya Rancangan Undang-undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Hal itu lantaran UU Sisdiknas yang berlaku saat ini merupakan produk 2003 atau sudah berusia 19 tahun.

"Menurut saya cukup layak untuk kita tengok kembali melihat bahwa landskap bukan hanya pendidikan secara nasional tapi juga perkembangan dunia yang sangat cepat sehingga regulasi yang kita miliki harus punya daya antisipatif untuk bisa memproyeksi perkembangan-perkembangan di dunia pendidikan di Indonesia yang pasti tidak akan lepas dari tren-tren yang ada di dunia," kata TGB dalam Webinar Partai Perindo, Jumat (16/9/2022).

Mantan Gubernur NTB dua periode itu melanjutkan, terkait RUU Sisdiknas bukan hanya mengatur bagaimana kesiapan para peserta didik untuk terjun di dunia kerja. Ia menyatakan, RUU Sisdiknas seharusnya juga memperhatikan bagaimana menanamkan kepada peserta didik tentang suatu proses pemanusiaan dan pembudayaan.

TGB menambahkan, ia mengapresiasi Kemendikbudritek yang beberapa waktu mengeluarkan peta jalan pendidikan yang secara eksplisit menyebutkan tentang nilai-nilai kehidupan seperti iman, takwa, akhlak mulia dan lain sebagainya. Ia berharap, hal-hal demikian dapat dipertahankan dalam RUU Sisdiknas.

Follow Berita Okezone di Google News

"Saya berharap RUU yang akan dibuat ini juga mencerminkan values kita sebagai bangsa manusia Indonesia kaya apa ya yang hendak kita bentuk dengan proses pendidikan ini," ujarnya.

"Saya berharap bukan mesin-mesin yang bisa mengisi atau berkompetisi dengan robot tapi manusia Indonesia yang bisa mengembangkan Indonesia membangunnya menjadi peradaban yang berperikemanusiaan," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini