Share

Survei Polstat: Elektabilitas Prabowo dan Gerindra Tertinggi, Calon Kuat Capres 2024

Riana Rizkia, MNC Portal · Jum'at 16 September 2022 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 337 2669239 survei-polstat-elektabilitas-prabowo-dan-gerindra-tertinggi-calon-kuat-capres-2024-OMum0WjGGl.jpg Menhan Prabowo Subianto/ Foto: Kemenhan

JAKARTA - Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pilpres 2024 masih jadi yang tertinggi, dan mengalahkan nama-nama beken lainnya. Hal ini diungkap oleh survei yang dilakukan Political Statistics (Polstat).

 BACA JUGA:Kejati DKI Jakarta Tangkap Mantan General Manager Finance & Accounting PT Shields Indonesia

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas Prabowo Subianto menyentuh angka 31,2%, jauh di atas Ganjar Pranowo dengan 19,8 persen, lalu Anies Baswedan dengan 17,5 persen, Ridwan Kamil dengan 7,5%, Agus Harimurtu Yudhoyono 5,4%, dan Puan Maharani 4,8%.

Hasil tersebut berdasar survei yang dilakukan Political Statistics (POLSTAT) pada tanggal 1 September sampai 10 September 2022 di 34 provinsi di Indonesia.

Dalam survei tersebut, Polstat meneliti tentang preferensi publik menjelang pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2024.

 BACA JUGA:Terjerat Kasus Bjorka, Pemuda Madiun Kembali Dibawa ke Mabes Polri

Dalam Penelitian itu, Polstat juga menjabarkan mayoritas kader partai menginginkan Ketua Umum atau pajabat tinggi partainya dicalonkan sebagai capres.

"Sebanyak 89,8% pemilih Partai Gerindra mendukung pencalonan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024," ujar Peneliti Senior Polstat, Zaki Darmawan, Jumat (16/9/2022).

Sementara, sebanyak 52,9% responden yang mengaku pemilih PDI Perjuangan menginginkan Ketua DPR RI Puan Maharani maju sebagai capres pada Pilpres 2024 nanti.

Lalu sebanyak 68,7% responden yang menyatakan memilih Partai Golkar mengharapkan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto juga ikut maju dalam kandidasi pemilihan presiden 2024. Sedangkan untuk Partai Demokrat sebanyak 67,6% calon pemilihnya juga menginginkan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) ikut nyapres pada Pilpres 2024.

Follow Berita Okezone di Google News

"Para konstituen partai nampaknya mengkhawatirkan apabila tokoh sentral partainya tidak maju sebagai capres dapat berpengaruh pada merosotnya suara partai mereka pada Pileg 2024. Sebagai gambaran, perolehan suara Partai Golkar terus anjlok saat partai ini tidak memajukan kadernya sebagai capres atau cawapres pada Pilpres 2014 dan 2019," kata Zaki.

 BACA JUGA:Survei POLSTAT Ungkap Capres Terkuat, Elektabilitas Prabowo Terus di Puncak

Untuk diketahui, populasi survei Polstat kali ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang sudah punya hak pilih atau 17 tahun ke atas dengan jumlah sampel sebesar 1.200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka yang dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan panduan kuesioner.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini