Share

Jokowi Teken Pemberhentian Loyalis Moeldoko Pengkudeta AHY, Demokrat: Sudah Kami Tunggu!

Felldy Utama, iNews · Rabu 14 September 2022 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 337 2667540 jokowi-teken-pemberhentian-loyalis-moeldoko-pengkudeta-ahy-demokrat-sudah-kami-tunggu-SFoKkVun5P.jfif Jhoni Allen/Foto: Okezone

JAKARTA - Partai Demokrat angkat bicara ihwal telah ditandatanganinya surat pemberhentian Jhoni Allen Marbun sebagai anggota DPR dari Fraksi Demokrat. Pemberhentian itu dinilai sudah seharusnya dilakukan.

(Baca juga: Mengenal Jhoni Allen Marbun, Dokter Hewan yang Ikut Dalangi Kudeta AHY)

Diketahui, Jhoni Allen merupakan salah satu pendukung utama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang diusung sebagai ketua umum Partai Demokrat melalui kongres luar biasa (KLB).

"Ya kalau dari kami itu ya memang sudah seharusnya satu yang kami tunggu-tunggu ya. Karena prosesnya sudah cukup lama," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Rabu (14/9/2022).

Herzaky menjelaskan, sebenarnya proses pemberhentian tersebut sudah dilakukan cukup lama oleh fraksinya di DPR. Namun, saat itu, Jhoni Allen justru melakukan perlawanan dengan menempuh jalur hukum.

Padahal, kata dia, upaya melawan hukum atas pemberhentian sebagai anggota Fraksi Partai tidak dikenal oleh Partai Demokrat. Akan tetapi, partai Demokrat menghormati upaya tersebut.

"Kalau yang ini kan sudah kita pecat sejak lama, sudah kita pecat. Harusnya sudah lama tapi melakukan upaya-upaya hukun yang sebenarnya tidak di kenal sebelum-sebelumnya. Tapi kita ikuti namanya demokrat taat hukum," ujarnya.

Setelah pengadilan mengeluarkan putusannya, kata Herzaky, Partai Demokrat sudah mengajukan pergantian Jhoni Allen kepada Ketua DPR, Puan Maharani. Dengan harapan, saat itu bisa segera diproses oleh pemerintah.

"Sehingga kalau ini dibalas ya sudah seharusnya kalau dari kami. Kami sudah dengar bahwa sudah ditandatangani, tetapi kami masih menunggu, masih menunggu surat fisiknya," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meneken Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Jhoni Allen Marbun sebagai anggota DPR RI dan MPR dari Fraksi Partai Demokrat pada Rabu 7 September 2022.

Pemberhentian itu diatur dalam Keppres nomor 93/P tahun 2022 tentang Peresmian Pemberhentian Antarwaktu Anggota DPR dan Anggota MPR masa jabatan 2019-2024. Keppres tersebut ditandatangani oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Nanik Purwanti.

"Meresmikan pemberhentian dengan hormat drh. Jhonni Allen Marbun, M.M, sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrat, Daerah Pemilihan Sumatera Utara II dan sebagai Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Masa Jabatan Tahun 2019-2024, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut," bunyi Keppres tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini