Share

Terbongkar! Mahfud MD: Motif Hacker Bjorka 'Gado-Gado'

Riana Rizkia, MNC Portal · Rabu 14 September 2022 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 337 2667208 terbongkar-mahfud-md-motif-hacker-bjorka-gado-gado-3NvNIOL6Go.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: MPI)

JAKARTA - Pelaku peretasan atau hacker dengan nama Bjorka menjadi perbincangan di sosial media karena mengklaim telah membobol data rahasia. Namun, pemerintah telah mengidentifikasi sosok Bjorka.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, hingga saat ini tidak ada data negara yang bocor.

"Masyarakat harus tenang karena sebenarnya sampai detik ini itu belum ada rahasia negara yang bocor," kata Mahfud di kantornya, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA:Waspadai Soal Peretasan, Mahfud MD: Kita Harus Bangun Sistem yang Lebih Canggih 

Mahfud menjelaskan, data yang disebarluaskan oleh hacker Bjorka sebenarnya bisa dengan mudah didapatkan siapapun. Bahkan, tanpa keahlian membobol.

"Ini cuma data-data umum yang sifatnya sebenarnya perihal surat ini itu. Isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol," ucapnya.

 

Menurut Mahfud, ada beberapa motif yang membuat hacker Bjorka menyebarluaskan data-data tersebut.

"Motifnya kan ternyata juga gado-gado. Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya," kata Mahfud.

BACA JUGA:Mahfud MD Klaim Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dengan motif yang campur aduk itu, Mahfud menilai bahwa apa yang dilakukan hacker Bjorka sebenarnya tidak membahayakan.

"Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," ucapnya.

Namun, Mahfud mengatakan, bahwa pemerintah tetap akan serius menangani isu peretasan yang terjadi. "Kita akan serius menangani dan sudah mulai menangani masalah ini," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini