Share

Isi Penetapan PN Jaksel Izinkan Pernikahan Beda Agama yang Tuai Polemik

Martin Ronaldo, MNC Portal · Rabu 14 September 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 337 2667190 heboh-pn-jaksel-izinkan-pernikahan-beda-agama-Bt8wihJnTF.jpg Ilustrasi (Foto: Foto unplash)

JAKARTA - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengizinkan pasangan beda agama Kristen dan Islam yang merupakan warga Kebayoran, Jakarta Selatan. Dua pasangan tersebut yakni perempuan berinisial D dan laki-laki berinisial J.

PN Jakarta Selatan pun memerintahkan kepada Disdukcapil Jakarta Selatan untuk mencatatkan pernikahan tersebut.

"Pengantin perempuan adalah seorang penganut Kristen dan pengantin pria adalah Islam," hal itu tertuang dalam Penetapan PN Jaksel yang dilansir website-nya, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA:PN Surabaya Kabulkan Pernikahan Beda Agama, MUI: MA dan KY Harus Periksa Hakimnya! 

"Keduanya telah berpacaran selama sembilan tahun dan sepakat menikah dengan menggunakan tata cara gereja Kristen. Akhirnya, pernikahan itu dilakukan di depan pendeta di sebuah gereja di Jakarta Pusat pada Mei 2022. Pihak gereja lalu mengeluarkan sertifikat piagam pernikahan atas peristiwa tersebut," sambungnya.

Pasangan tersebut sebelumnya terkendala tidak bisa dicatat negara karena Undang-Undang Perkawinan hanya memperbolehkan pernikahan satu agama. Sehingga pasangan tersebut mengajukan gugatan ke PN Jakarta Selatan agar bisa dicatat dalam lembaran buku Negara sebagai pasangan suami istri.

"Memberikan izin kepada Para Pemohon untuk mendaftarkan perkawinannya di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan. Memerintahkan agar Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk mencatatkan Perkawinan Beda Agama Para Pemohon ke Register Pencatatan Perkawinan yang digunakan untuk itu dan segera menerbitkan Akta Perkawinan tersebut," demikian bunyi Penetapan yang diketok oleh hakim tunggal Arlandi Triyogo.

BACA JUGA:Tegas! Sekjen MUI Minta PN Surabaya Batalkan Pernikahan Beda Agama 

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini