Share

Ribuan Mahasiswa Belum Bubar Dari Demo, Kawasan Istana Masih Ditutup

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 13 September 2022 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 337 2666855 ribuan-mahasiswa-belum-bubar-dari-demo-kawasan-istana-masih-ditutup-4Rt4vhRsoA.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Negara masih ditutup akibat ribuan mahasiswa pendemo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang masih berada di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, hingga saat ini masih bertahan 2000 mahasiswa yang belum pulang. Masa masih memilih bertahan di Patung Kuda meski situasi masih kondusif.

"Saat ini 2000 mahasiswa masih duduk di lapangan. Memang dampaknya adalah akses jalan menuju jalan merdeka, harmoni dan sekitarnya masih tertutup karena kami alihkan," kata Zulpan kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).

Sebelnya polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Istana Negara adanya aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM. Sejumlah ruas jalan menuju Istana Negara dan di sekitar Monumen Nasional (Monas) akan ditutup dan masyarakat diimbau mencari jalur-jalur alternatif.

Sejumlah jalan yang ditutup di diantaranya Jalan Medan Merdeka Barat, kemudian arus lalu lintas dari arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan diarahkan menuju Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Medan Merdeka Selatan. Akan dilakukan penutupan ruas Jalan Majapahit dan Jalan Medan Merdeka Utara yang berada tepat di sebelah Istana Negara.

Arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Hayam Wuruk menuju Jalan Mana atau Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

Kemudian lalu lintas dari arah Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada (melalui Jalan Majapahit) dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kendaraan di Jalan Veteran Raya tidak bisa berbelok ke Jalan Medan Merdeka Utara, dan akan diarahkan lurus hingga ke Simpang Harmoni.

Sementara itu, untuk rekayasa lalu lintas dari arah kawasan Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Utara bersifat situasional.

Para pengendara akan diarahkan ke Jalan Perwira saat berada di Jalan Medan Merdeka Timur, dan tidak bisa berbelok ke Jalan Medan Merdeka Utara.

Latif pun mengimbau masyarakat yang hendak beraktivitas agar menghindari kawasan Istana Negara dan mencari jalur alternatif pada Senin hari ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini