Share

Menteri PPPA Ajak Berbagai Pihak Rumuskan Solusi Terkait Kasus Kekerasan di Ponpes Gontor

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 13 September 2022 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 337 2666165 menteri-pppa-ajak-berbagai-pihak-rumuskan-solusi-terkait-kasus-kekerasan-di-ponpes-gontor-29Lausl69x.JPG Ilustrasi/ Doc: Kementerian PPPA

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), Bintang Puspayoga melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) pada Senin (12//9/2022). Dalam kesempatan itu, dia mengajak agar berbagai pihak merumuskan solusi dugaan kasus kekerasan yang terjadi di ponpes tersebut.

 BACA JUGA:Bertemu HT, Sultan Melaka dan Datuk Wira Lee Paparkan Sektor-Sektor yang akan Dilakukan Kerja Sama

"Kita harapkan seluruh pihak bisa duduk bersama mencari solusi terbaik untuk kepentingan terbaik kepada korban juga sehingga ke depan tidak perlu terjadi kasus serupa lagi," ujar Menteri Bintang melalui siaran persnya, Senin (12/9/2022).

 BACA JUGA:Kapolda Bali Sebut Penangkapan Teroris Beberapa Waktu Lalu Tak Pengaruhi KTT G20

Menurutnya, sejumlah pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Agama, KPAI, aparat kepolisian, anggota DPR RI, hingga jajarannya di Jatim harus duduk bersama dan memastikan ada rumusan solusi terbaik dari kasus dugaan kekerasan di pesantren tersebut. Adapun kasus tersebut, yakni dugaan penganiayaan hingga mengakibatkan meninggalnya salah satu santri pondok pesantren Gontor Ponorogo, Albar Mahdi (17), siswa kelas XI SMA asal Palembang Sumsel.

Menteri Bintang menerangkan, kasus dugaan kekerasan itu menjadi perhatian masyarakat luas sehingga dia menekankan pentingnya penyelesaian kasus dari hulu ke hilir termasuk dari sisi tindakan pencegahan. Dia juga mendorong agar satuan pendidikan berasrama, terutama yang berbasis agama, seperti Pondok Pesantren Gontor untuk mewujudkan tempat belajar yang ramah anak.

"Kami berharap ketentuan untuk mewujudkan satuan pendidikan yang ramah anak bisa diterapkan sehingga bisa memberikan tempat yang aman, nyaman, dan terlindungi bagi anak-anak," tuturnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!


Sampai sejauh ini, kata dia, Kemen PPPA bersama dengan Kemenag terus melakukan dialog dengan Pengurus Pondok Pesantren Gontor dengan tujuan memetakan faktor-faktor risiko terjadinya kekerasan di lingkungan pondok pesantren.

Hasil dari identifikasi ini dapat dijadikan dasar untuk menyusun mitigasi risiko kekerasan di lingkungan pondok pesantren, seperti menyusun sistem aduan, penanganan kasus, dan lain-lain.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini