Share

5 Fakta Gudang JNE di Depok Terbakar, Bagaimana Nasib Paket Kiriman?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 13 September 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 337 2666041 5-fakta-gudang-jne-di-depok-terbakar-bagaimana-nasib-paket-kiriman-vEtDDQskk1.jpg Gudang JNE di Depok kebakaran (Foto: MPI)

JAKARTA - Kebakaran hebat melanda gudang perusahaan ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) di Jalan Pekapuran, Kelurahan Curug, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat pada Senin 12 September 2022.

Berikut fakta-faktanya:

1. Lokasi dekat SPBU dan terdengar ledakan

Suara ledakan sempat terdengar warga sekitar lokasi. Salah satunya Akbar yang sedang terlelap di area SPBU tempat kerjanya. Lokasinya sekira 50 meter dari gudang JNE.

"Pas sadar ada kebakaran saya bangun. Kira-kira jam 5 kurang seperapat terdengar suara ledakan. Itu beberapa kali meledak, tapi ada satu yang paling keras," ujarnya.

2. Korban 4 Orang 

Data sementara dilaporkan ada empat orang menjadi korban dalam kebakaran tersebut. Mereka tertimpa puing-puing tembok yang roboh.

“Informasinya dari Pak Camat ada empat orang (korban),” kata Kabid Pengendalian dan Operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos kepada MPI.

“Warga, ketiban (tertimpa) puing-puing tembok yang rubuh,” imbuhnya.

3. Api padam 4 jam 

Upaya pemadaman dilakukan petugas pemadam kebakaran. Setidaknya ada 18 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi kejadian.

Proses pemadaman api dimulai sejak 04.30 WIB. Setelah empat jam, atau pukul 09.00 WIB, api baru berhasil dipadamkan.

“Sudah, sudah padam, tinggal pendinginan,” ucap Pengendalian dan Operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos.

4. Penyebab Kebakaran Diduga Korsleting Listrik 

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Damkar Depok, Welman Naipospos mengatakan, dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik. Saat itu, belum ada karyawan yang datang di gedung yang menjadi titik api. Namun, di gedung lainnya sudah ada beberapa karyawan.

“Korsleting katanya. Kita masih fokus penyemprotan,” ujarnya.

5. JNE Siap Ganti Rugi Paket Pelanggan 

JNE akan mengganti rugi barang kiriman atau paket pelanggan yang terdampak akibat kebakaran Gudang JNE Cimanggis.

"JNE berkomitmen akan melakukan proses ganti rugi terhadap barang-barang kiriman pelanggan yang terdampak akibat musibah ini," kata Kurnia Nugraha Head of Media Relations Department, Senin 12 September 2022.

Pihak JNE mengatakan, pemilik barang dapat menghubungi JNE Customer Care di nomor Telpon 021-2927 8888, atau melalui email customercare@jne.co.id, Facebook JNE Pusat dan Twitter @JNECare. 

Di gudang tersebut diketahui banyak paket barang konsumen. Salah satunya Eiger, yang menginformasikan sekitar 200 ribu produk outdoor dari Eiger terbakar.

“Dari informasi yang kami dapatkan, gudang terbakar pukul 5 pagi, di mana gudang tersebut menyimpan produk-produk EIGER Adventure,” ungkap pihak Eiger dilansir dari Instagram Story @eigeradventure.

Dalam Instagram Story tersebut, Eiger juga mengucapkan permohonan maafnya, sebab terpaksa membatalkan pesanan pelanggan.

“Dampak dari kejadian ini, kurang lebih 200.000pcs produk Eiger habis terbakar yang menyebabkan ribuan pesanan yang datang dari berbagai platform dengan berat hati harus dibatalkan. Mohon maaf atas ketidaknyamannya,” lanjut pihak Eiger.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini